Pengembangan Buku Petunjuk bagi Guru untuk Membantu Pelaksanaan Proyek Berbasis Online pada Materi Optika Geometri

Mohammad Ryan Mahsun, Endang Purwaningsih, Sutarman Sutarman

Abstract


Tuntutan kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan penggunaan teknologi dalam pembelajarannya. Pemberian kegiatan proyek dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat merealisasikan tuntutan Kurikulum 2013. Berdasarkan survei lapangan, belum ada guru yang memanfaatkan teknologi secara maksimal pada pelaksanaan kegiatan proyek. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan buku petunjukuntuk guru dalam melaksankan kegiatan proyek berabasis online. Hasil penilaian oleh 2 validator menunjukkan bahwa buku petunjuk yang dikembangkan valid atau layak untuk digunakan dengan nilai kevalidan 3,79. Sedangkan hasil uji coba pada 3 guru yang terdiri dari 2 guru fisika SMAN 9 Malang dan 1 guru fisika MAN 1 Malang, menghasilkan nilai kesesuaian yaitu 3,7. Nilai tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk yang dikembangkan sesuai dan petunjuk melaksanakan kegiatan proyek berbasis online dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Keywords


buku petunjuk; proyek online; optika geometri

Full Text:

PDF

References


D. W. Aisyah, M. Gipayana, dan E. T. Djatmika, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif dan Produktif,” J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb., vol. 2, no. 5, hlm. 667–675, 2017.

E. F. Priandono, S. Astutik, dan S. Wahyuni, “Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA,” J. Pembelajaran Fis. ISSN, hlm. 2301–9794, 2012.

A. Widiyatmoko dan S. D. Pamelasari, “Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 1, hlm. 51–56, 2012.

M. R. A. Taqwa, Astalini, dan Darmaji, “Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMA Se-Kota Jambi,” dipresentasikan pada Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5, Purworejo, 2015, hlm. 220–227.

S. N. Sukmadinata, Metode Penelitia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

J. L. Docktor dan J. P. Mestre, “Synthesis of discipline-based education research in physics,” Phys. Rev. Spec. Top.-Phys. Educ. Res., vol. 10, no. 2, hlm. 020119, 2014.

M. R. A. Taqwa dan R. Faizah, “Perlunya program resitasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep gaya dan gerak,” dalam Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Malang, 2016, hlm. 365–372.

M. R. A. Taqwa dan A. Hidayat, “Supoto. 2017. Konsistensi Pemahaman Konsep Kecepatan dalam Berbagai Representasi,” J. Ris. Kaji. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, hlm. 31–39.

M. R. A. Taqwa, “Profil pemahaman konsep mahasiswa dalam menentukan arah resultan gaya,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Surabaya, 2017, hlm. 79–87.

M. R. A. Taqwa dan A. Hidayat, “Sutopo. 2017. Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free-Body Diagrams (FBDs),” J. Pendidik. Fis. Tadulako, vol. 5, no. 1, hlm. 52–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i1p1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: