Pengembangan Buku Saku Fisika Berupa Buletin pada Topik Fluida Statis untuk Meningkatkan Minat Belajar

Fitri Rochmawati, Purbo Swasono, Bambang Tahan Sungkowo

Abstract


Buku pelajaran yang ada di pasaran memiliki ukuran relatif besar dengan uraian bacaan panjang, dan sebagian besar tampilannya kurang menarik. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah mengembangkan sumber informasi baru berupa buku saku yang berukuran relatif kecil, uraian bacaan pendek, dan tampilannya menarik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku fisika berupa buletin untuk pembelajaran fisika kelas X materi fluida statis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan metode Borg & Gall. Skor uji coba terbatas pada siswa adalah 79%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media buku ini layak digunakan dan tidak memerlukan banyak revisi.

Keywords


media pembelajaran; buku saku; buletin; fluida statis

Full Text:

PDF

References


A. Riyan, P. Prijana, dan S. Sukaesih, “Potensi Membaca Buku Teks (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung),” J. Kaji. Inf. Perpust., vol. 3, no. 1, hlm. 81–88, 2015.

I. N. Triatma, “Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta,” E-J. Skripsi Program Studi Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 6, hlm. 166–178, 2016.

M. S. Ami, “Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI,” BioEdu, vol. 1, no. 2, hlm. 10–13, 2012.

M. R. A. Taqwa, “Profil pemahaman konsep mahasiswa dalam menentukan arah resultan gaya,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Surabaya, 2017, hlm. 79–87.

M. R. A. Taqwa dan R. Faizah, “Perlunya program resitasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep gaya dan gerak,” dalam Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Malang, 2016, hlm. 365–372.

F. Rahim, Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

M. R. A. Taqwa, Astalini, dan Darmaji, “Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMA Se-Kota Jambi,” dipresentasikan pada Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5, Purworejo, 2015, hlm. 220–227.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i1p18-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: