Pengembangan Media Modul Elektronik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Ana Ma'rifatun Nurdiana, Sutarman Sutarman, Widjianto Widjianto

Abstract


Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengunaan teknologi dalam pendidikan tidak lepas dari media pembelajaran yang menunjang pembeajaran dikelas maupun diluar kelas salah satunya adalah mobile phone. Maraknya mobile phone perlu dimanfaatkan untuk menunjang proses pendidikan. Mobile phone yang bersifat praktis sangat cocok untuk mendukung proses belajar mandiri peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan serta menemukan kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall. Hasil pengembangan produk media pembelajaran berupa Modul Elektronik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor SMA Kelas X dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran dikelas maupun sebagai sarana belajar mandiri.

Keywords


media; modul elektronik; android; suhu dan kalor

Full Text:

PDF

References


J. Handhika, “Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 2, 2012.

A. Sri, “Media pembelajaran,” Surak. UPT UNS Press Univ. Sebel. Maret, 2008.

H. M. Halidi, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu,” Mitra Sains, vol. 3, no. 1, 2015.

R. Afandi, “Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar,” JINoP J. Inov. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, hlm. 77–89, 2015.

P. D. Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

S. Arikunto, “Prosedur suatu pendekatan praktek,” Jkt. Rineka Cipta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i1p30-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: