Pemanfaatan Sosial Media Twitter dalam Pemulihan Pariwisata di Yogyakarta

Akhmad Habibullah, Suranto Suranto, Arif Zainudin

Abstract


Yogyakarta sebagai salah satu kota tujuan utama pariwisata di Indonesia mengalami kerugian mencapai 10 Triliun dan terus bertambah selama pandemi. Namun, dengan terbitnya berbagai regulasi dan semakin membaiknya penangan covid-19, beberapa sektor mulai kembali beroperasi dengan protokol kesehatan ketat, termasuk pariwisata. Dalam upaya menyelamatkan pariwisata di Yogyakarta, pemerintah melakukan promosi ulang pariwisata pada masa pandemi, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial twitter. Melalui akun resmi Dinas Pariwisata @visiting_jogja penelitian mencoba menganalisis bagaimana pemerintah Yogyakarta melalui akun twitternya melakukan promosi dalam recovery pariwisata di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, analisis data menggunakan alat bantu analisis berupa aplikasi NVivo Plus 12, dimulai dengan input data melalui fitur NCapture Nvivo, kemudian koding, eksplorasi, visualisasi data dan, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial untuk penyebaran informasi pariwisata di Kota Jogja sangat efektif, penyebaran informasi terkait pariwisata, event dan kegiatan serta informasi penting tambahan mengenai pandemi menjadi sangat cepat tersampaikan


Keywords


Sosial Media; Twitter;Pariwisata; Nvivo,

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, Andarusni, and Mariyani Mariyani. 2020. “Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5(2):146–50.

Bryson, John M., Barbara C. Crosby, and Melissa Middleton Stone. 2006. “The Design and Implementation of Cross‐Sector Collaborations: Propositions from the Literature.” Public Administration Review 66:44–55.

Carley, Kathleen M., Momin Malik, Peter M. Landwehr, Jürgen Pfeffer, and Michael Kowalchuck. 2016. “Crowd Sourcing Disaster Management: The Complex Nature of Twitter Usage in Padang Indonesia.” Safety Science 90:48–61.

Creswell, John W. 2016. “Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar 5.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. 2020. Kajian Jumlah Kunjungan Wisata Kota Yogyakarta Tahun 2020.

Edwards-Jones, A. 2014. “Qualitative Data Analysis with NVIVO. J Educ Teach 40 (2): 193–195.”

Fadhil, Riza Muhamad, and Muchamad Zaenuri. 2021. “Strategi Recovery Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pada Masa New Normal.” Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK) 2(2):60–71.

Fang, Zhiyuan. 2002. “E-Government in Digital Era: Concept, Practice, and Development.” International Journal of the Computer, the Internet and Management 10(2):1–22.

Foo, Lee-Peng, Mui-Yin Chin, Kim-Leng Tan, and Kit-Teng Phuah. 2021. “The Impact of COVID-19 on Tourism Industry in Malaysia.” Current Issues in Tourism 24(19):2735–39.

Indrajit, Richardus Eko. 1919. Electronic Government: Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. -.

Jaya, Safitri. 2013. “Implementasi Dan Perkembangan E-Government Di Indonesia.” Jurnal Informatika Multimedia 2(1):37–52.

Katadata. 2018. Indonesia Pengguna Facebook Terbesar Ketiga Di Dunia.

Kompas.com. 2021. 53 Hotel Dan Restoran Di DIY Pilih Tutup Permanen Karena Covid-19.

Kusnandar. 2019. Twitter, Aplikasi Berita Dan Majalah Berbasis Android Dengan Rating Tertinggi.

Kusuma, Pangky Arbindarta, Dyah Mutiarin, and Janianton Damanik. 2021. “Strategi Pemulihan Dampak Wabah Covid Pada Sektor Pariwisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Journal of Tourism and Economic 4(1):47–59.

Lemieux, Thomas, Kevin Milligan, Tammy Schirle, and Mikal Skuterud. 2020. “Initial Impacts of the COVID-19 Pandemic on the Canadian Labour Market.” Canadian Public Policy 46(S1):S55–65.

Mulyono, Fransisca. 2012. “Model Adopsi E-Government Dalam Perspektif Sistem.” Jurnal Administrasi Bisnis 8(1).

Paramita, Ida Bagus Gede, and I. Gede Gita Purnama Arsa Putra. 2020. “New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19.” Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya 5(2):57–65.

Permadi, Didi, and Akhmad Habibullah. 2022. “Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik.” Jurnal Pustaka Komunikasi 5(1):150–62.

Perguna, L. A., Apriyanti, N., & Kurniasih, D. (2021). Alternative Online Learning Using Social Media as a Panacea. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(07), pp. 257–265. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21209

Setiadi, Amos, Lucia Asdra Rudwiarti, Fransisca Priscilia, and Mustika Kusumaning Wardhani. 2021. “City Tourism Branding Resilience during the Covid-19 Pandemic in Yogyakarta, Indonesia.” Spatium 1–8.

Statista. 2021. Pengguna Twitter Naik 10 Kali Lipat Dalam 6 Tahun.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suminto, Ahmad, and Afif Al Farizi. 2020. “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter Oleh Ganjar Pranowo Dan Ridwan Kamil.” Journal of Islamic Comunication 2(2):191–206.

Suparto, Diryo, and Akhmad Habibullah. 2021. “Indonesian Governance Journal.”

Syahira Shari, Nur, Mohd Faizun Mohamad Yazid, and Mohd Farid Shamsudin MBA. 2020. “Letter to Editor The Strengthen Strategies during Post Covid 19 after the Virus Crisis Hit the Hotel Industry in Malaysia.” ABRNsia 1–5.

Tabash, Mosab I. 2017. “The Role of Tourism Sector in Economic Growth: An Empirical Evidence from Palestine.” International Journal of Economics and Financial Issues 7(2):103–8.

Taufik, Taufik, and Hardi Warsono. 2020. “Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19.” Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik 2(1):1–18.

Twitter.com. 2020. Tentang Label Akun Pemerintah Dan Media Yang Terafiliasi Dengan Negara Di Twitter.

Zaenuri, Muchamad. 2018. Tata Kelola Pariwisata-Bencana Berbasis Collaborative Governance: Konsep, Analisis, Dan Pemodelan. Explore.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v7i2p92-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id

ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.