Pendekatan Pembelajaran PIESQ pada Siswa di Sekolah Alam Nur Hikmah dalam Perspektif Teori AGIL

Grenada Tri Kardiana, Seli Septiana Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini guna menunjukkan dan mendeskripsikan penerapan pendekatan PIESQ di Sanhikmah yang memiliki keunggulan untuk mengakomodasi perbedaan kebutuhan belajar siswa. Kualitatif deskriptif digunakan untuk memperoleh data mendalam berkaitan dengan topik penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang terlibat yaitu guru, siswa, orang tua, dan Direktur Yayasan Sanhikmah. Pemilihan narasumber menggunakan purposive sampling dengan beberapa kriteria yang ditetapkan. Teori AGIL Talcott Parsons digunakan peneliti sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh warga sekolah melakukan adaptasi dalam penerapan pembelajaran PIESQ yang diwujudkan dengan kegiatan (a) Physic, yakni BL atau Belajar Lapangan, Healthy day, dan media pembelajaran yang menggunakan kekuatan fisik siswa; (b) Intelectual, dengan adanya 1 mata pelajaran dalam 1 hari dan kegiatan literasi baca; (c) Emotional, dengan penanaman karakter tidak ada perundungan dan senioritas di kelas, baik siswa normal maupun berkebutuhan khusus, serta pembiasaan kata “tolong, maaf, dan terima kasih”; (d) Spiritual, pelaksanaan sholat dhuha, madin, dan sholat dhuhur berjamaah; (e) Quotient, siswa diajarkan untuk berpikir logika dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan PIESQ memiliki tujuan yang direncanakan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Kegiatan PIESQ dilakukan secara terintegrasi dan berkesinambungan. Faktor pendorong dan penghambat keberhasilan pendekatan ini perlu dievaluasi sebagai wujud pemeliharaan pola. 


Keywords


pendekatan PIESQ; sekolah alam; teori AGIL, kebutuhan belajar, siswa Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Linda, and Syunu Trihantoyo. 2018. “Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan Dan Berbasis Religi Islami Di Jenjang Sd Sekolah Alam Al-Izzah Krian.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 6(2).

Darmayanti, Kusumasari Kartika Hima, Farida Kurniawati, and Dominikus David Biondi Situmorang. 2019. “Bullying Di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian Dan Cara Menanggulanginya.” Pedagogia 17(1):55–66.

Desiningrum, Dinie Ratri. 2017. “Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.”

Ekawati, Hanifah, Wahyuni Wahyuni, and Nila Ratna Sari. 2021. “Penerapan Taksonomi Bloom Dan Krathwohl’s Pada Aplikasi Rubrik Penilaian Hasil Belajar Siswa Di Samarinda Untuk Aspek Afektif.” Jurnal Ilmiah Matrik 23(2):189–200.

Fatmawati, Fatmawati, and Yusrizal Yusrizal. 2020. “Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Alam SoU Parung Bogor.” Jurnal Tematik 10(2):74–80.

Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman.

Hidayat, M. Arif, Ali Anwar, and Noer Hidayah. 2017. “Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan.” Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 1(1):31–42.

Husni, Muhammad. 2020. “Implementasi Pembelajaran Perkembangan Mental Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Alam Mi Bilingual Al-Ikhlas Kepanjen Malang.” Tafhim Al-’Ilmi 12(1):63–83.

Hutapea, Rinto Hasiholan. 2019. “Instrumen Evaluasi Non-Tes Dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2(2):151–65.

Kristiana, Ika Febrian, and Costri Ganes Widayanti. 2021. “Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.”

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171.

Qibtiah, Elin Asrofah, Rita Retnowati, and Griet Helena Laihad. 2018. “Manajemen Sekolah Alam Dalam Pengembangan Karakter Pada Jenjang Sekolah Dasar Di School of Universe.” Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2):626–35.

Rohati, Ellya, Isa Anshori, and Mufarrihul Hazin. 2021. “Online Learning During the Covid-19 Pandemic from the Perspective of Parsons’ Structural Functional Theory.” AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education 2(1):38–48.

Sofyani, Nadiyah, and Ratnawati Susanto. 2019. “Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01.” Dinamika Sekolah Dasar 1(1):1–13.

Sugiyono, Statistik. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif.” Bandung: CV. Alfabeta.

Syaparuddin, Syaparuddin, and Elihami Elihami. 2020. “Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):11–29.

Treviño, A. Javier, and Helmut Staubmann. 2021. “Introduction: The Scope and Significance of Talcott Parsons Studies.” Pp. 1–16 in The Routledge International Handbook of Talcott Parsons Studies. Routledge.

Winarno, Winarno, Yudi Muhtadi, and Much Alvin Aldiya. 2019. “Application of Learning Management Using Non-Test Instrument to Improve the Quality of Education.” Aptisi Transactions on Management (ATM) 3(1):46–56.

Wulanjani, Arum Nisma, and Candradewi Wahyu Anggraeni. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Proceeding of Biology Education 3(1):26–31.

Yogica, Relsas, Arief Muttaqiin, and Rahmadhani Fitri. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. IRDH Book Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v7i2p161-175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id

ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.