KONSEPTUALISASI PRAKTIK SOSIAL DALAM LINTAS RUANG DAN WAKTU: KEHIDUPAN MASYARAKAT DI PEDESAAN

Dhanny Septimawan Sutopo, Nurul Pramesti

Abstract


Kita mengenal kehidupan di pedesaan relatif statis. Dalam penelitian ini kondisi tersebut kita pahami tentang praktik sosial dan keberlangsungan kehidupan warga masyarakatnya. Kewilayahan menjadi latar belakang gagasan penelitian ini karena sebuah kenyataan dimana dinamika kehidupan masyarakat pedesaan tidak dapat dilepaskan dari posisi tersebut. Tetapi permasalahannya adalah bahwa kewilayahan bukanlah sebuah kondisi fisik yang statis sebagaimana yang sering dibayangkan oleh orang awam. Dalam kewilayahan tersebut terbangun praktik sosial yang juga dinamis. Guna mencermati dinamika masyarakat pedesaan inilah, penelitian ini menjadi penting untuk mempelajari bagaimana dinamika itu terbangun, dengan rumusan masalahnya yaitu bagaimana praktik sosial terbangun dalam ruang dan waktu kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan perspektif teoritis Anthony Gidden tentang praktik sosial yang secara spesifik lekat dengan konsep perentangan ruang dan waktu. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang mendalam. Pilihan metodologi sini diarahkan untuk tujuan mendapatkan penjelasan tentang peristiwa sosial secara menyeluruh atas keterhubungan semua gejala yang ada dalam regionalisasi kehidupan warga masyarakat di wilayah pedesaan. Muara dari penelitian ini adalah sebuah penjelasan mendalam akan praktik sosial yang dijalankan oleh warga pedesaan dalam regionalisasi yang nampak dalam rutinitasnya yang nantinya dapat diimplementasikan sebagai dasar pengembangan wilayah pedesaan.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v2i22017p050


Keywords


praktik sosial; rutinitas dalam ruang dan waktu; regionalisasi; wilayah pedesaan

Full Text:

PDF

References


Dey, Ian. (1993). Qualitative Data Analysis: A-User Friendly Guide for Social Scientist. London: Routledge.

Giddens, Anthony. (2009). Problematika Utama dalam Teori Sosial: Aksi, Struktur, dan Kontradiksi dalam Analisis Sosial (Dariyatno, Penerjemah.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______. (2010). Teori Strukturasi Dasar-Dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat (Daryanto & Maufur, Penerjemah.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf A. (2004). Posrealitas: Realita Kebudayaan dalam Era Posmetafisika. Yogyakarta: Jalasutra.

Priyono, Herry.(2002). Anthony Giddens Suatu Pengantar. Jakarta: KPG (Kepustkaan Populer Gramedia) bekerjasama dengan Program Magister Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta.

Priyono dan Hartono dalam Basis, (2000, Januari - Februari, Nomor 01- 02, Tahun ke-49).Dunia Yang Tunggang Langgang dalam Basis menembus fakta edisi khusus Anthony Giddens. Yogjakarta: Yayasan BP Basis.

Salim, Agus. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Mudji dan Hadar Putranto.(2005). Teori-Teori Kebudayaan.Yogyakarta: Kanisius.

Syaifuddin, Achmad Fedyani. (2005). Antropologi Kontemporer Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Prenada Media

Taylor, SJ and R Bogdan. (1984). Introduction to Qualitative Research Methods: The Search For Meanings. Second Edition. Toronto: John Willey and Sons

Woods, M. (2011) Rural. Abingdon and New York: Routledge.

Yin,Robert K. (2008). Stusi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dhanny Septimawan Sutopo, Nurul Pramesti

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id

ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.