KONFLIK ALAT TANGKAP IKAN DI DESA TELUK PAMBANG KABUPATEN BENGKALIS

Pebri Karisma, Fatmariza Fatmariza, Siti Fatimah, Rizal Ikhsan

Abstract


Penelitian dengan lokasi di Desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, bertujuan untuk: (1) mengkaji akar sosial konflik antar nelayan di Desa Teluk Pambang; (2) menganalisis dampak sosial yang terjadi didalam konflik antar nelayan; (3) menganalisis model kebijakan sosial untuk resolusi konflik antar nelayan di Desa Teluk Pambang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskrptif dan bertujuan untuk mengeksplorasi konflik yang terjadi antara nelayan tradisional dan nelayan modern di Desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi, wawancara, dokumentasi, audio visual. Data dianalisis dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) akar sosial konflik yang melibatkan nelayan tradisional dan nelayan modern adalah penggunaan alat tangkap yang tidak sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan dalam Permen-Kp/2016 Nomor 71 Tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan adanya modifikasi alat tangkap yang dilakukan oleh nelayan modern sebagai alasan menghemat biaya alat tangkap (2) dampak sosial yang ditimbulkan dalam pengoperasian alat tangkap yaitu ekosistem laut menjadi rusak dan nelayan tradisional mengalami kesulitan dalam melakukan penangkapan ikan; (3) model kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah yaitu Peraturan Gubernur Riau No. 17 Tahun 2006 tentang Penghentian Sementara Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Jenis Jaring Batu (Bottom Gillnet) dan mengadakan mediasi dan negosiasi dalam uapaya mengatasi konflik alat tangkap.

 


Keywords


konflik; nelayan; alat tangkap ikan

Full Text:

PDF

References


Abdul Syani, Dedi Kurniawan. (2013). Faktor Penyebab, Dampak Dan Strategi Penyelesaian Konflik Antar Warga Di Kecamatan Way Panji Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Sosiologi 15:1–12.

Afrizal. (2012). Kontestasi Ruang: Tinjauan Sosiologis Terhadap Keadilan Ekologis. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan.

Antony Wijaya. (2009). Manajemen Konflik Sosial Dalam Masyarakat Nelayan (Studi Kasus Pertentangan Dan Pertikaian Nelayan Tradisional Di Kelurahan Pasar Bengkulu Dengan Nelayan Modern Di Kelurahan Kandang Kota Bengkulu). Wacana.

Anwar, Choerul. (2015). Manajemen Konflik Untuk Menciptakan Komunikasi Yang Efektif (Studi Kasus Di Departemen Purchasing Pt. Sumi Rubber Indonesia). Jurnal Interaksi 4:148–57.

Asri, Suryaningsih & Silsila. (2016). Resolusi Konflik Tapal Batas Kabupaten Rokan Hulu Dan Kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan.

Firdaus. (2014). Protes Korban Bencana Studi Konflik Penanggulangan Bencana Di Pasar Raya Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan.

Fisher S., Jawed L., Steve W., Dekha I. A. Richard S. dan Sue W. (2000). Mengelola Konflik Ketrampilan dan Strategi untuk Bertindak. The British Council Indonesia. Jakarta

Gamin, G., & Lazira, F. (2017). Penyelesaian Sengketa Ruang Hidup Masyarakat Sunda Wiwitan di Kabupaten Kuningan. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2 (1),1-8.

Kurniawati, Tenti. (2012). Konflik Dalam Penentuan Dana Bagi Hasil Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 16:16–25.

Kurniwati, Nendah, Reswati Elly. (2011). Kearifan Lokal Masyarakat Lamalera:Sebuah ekspresi hubungan manusia dengan laut. Buletin Riset Sosek Kelautan dan Perikanan Vol 6 No.2.

Moita, Sulsalman. (2017) . Kearifan Lokal Masyarakat Etnis Tolaki Dalam Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Di Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe Provinsi Sultra. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(1), 16 -22.

Nurjanah. (2015). Peran Komunikasi Persuasif Dalam Penyelesaian Konflik Antara Nelayan. Jurnal Ilmu Komunikasi 6:113–20.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tahun 2016 nomor 71/ Permen - KP/ 2016 tentang Jalur Penangkapan Ikan dan Penempatan Alat Penangkap Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia

Sianipar, Werman Septian. (2015). Bentuk Konflik Kepentingan Pada Paud Fajar Mentari (Studi Eksploratif Tentang Konflik Kepentingan Dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usian Dini (PAUD) Fajar Mentari Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan). eJournal Sosiatri-Sosiologi 3:96–110.

Suhardono, Wisnu. (2015). Konflik Dan Resolusi. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v3i2p98-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 pebri karisma

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id

ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.