Gender and Fashion Style Choices in University Students
Abstract
Gender dan Pilihan Style Fashion pada Mahasiswa
Artikel ini melihat bahwa konsep gender yang berlaku pada setiap mahasiswa didapatkan melalui sosialisasi, enkulturasi, internalisasi dari agen sosialisasi yang berbeda-beda. Selain itu, penelitian ini juga mengulas lebih dalam kaitan konsep gender dengan pilihan style fashion pada kelompok sosial yang khusus, yaitu mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologi untuk menelusuri dan menggali pengalaman sosialisasi, internalisasi, dan
enkulturasi gender para mahasiswa, dan kaitan antara hal itu dengan pilihan style fashion mereka. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat/tidak terdapat kaitan antara gender dan pilihan style fashion mahasiswa. Dalam hasil penelitian ini melihat fashion sebagai salah satu media dalam mengekspresikan identitas gender. Meskipun mahasiswa menunjukkan fleksibilitas dalam pilihan fashion dengan menyesuaikan dengan konteks sosial, acara tertentu, dan kenyamanan pribadi dengan berusaha untuk menerapkan sosialisasi, enkulturasi, dan internalisasi gender yang didapatkan sejak kecil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdemir, N. (2018). Deconstruction of Gender Stereotypes Through Fashion. European Journal of Social Science Education and Research, 9563(August), 259–264. https://doi.org/10.26417/ejser.v5i2.p185-190
Di Sandro, N. (2020). Contemporary Fashion Imaginary. Deconstructing Gender. Zone Moda Journal, 10(1), 51–64. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/51
Githapradana, D. M. W., Suteja, I. K., & Ruspawati, I. A. W. (2018). URBANOMAD; Sarung Androgyny Sebagai Identitas Mode Indonesia. URBANOMAD, 6. http://repo.isi-dps.ac.id/3642/
Githapradana, W., Raharja, G., Ratna, T., & Pebryani, N. (2024). Gender and Culture Inclusivity in the Story of Hope Fashion Collection. ARCHive-SR, 8(1), 43–51. https://doi.org/10.21625/archive.v8i1.1046
Intan, F. R. (2022). Pentingnya Pembelajaran Gender di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 15–24.
https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8033
Kameswari, I. G. A. A. W., & Malini, I. G. A. (2023). Fashion Bukan Penanda Gender atau Seseorang. Jurnal Da Moda, 4(2), 92–98.
https://doi.org/10.35886/damoda.v4i2.549
Kulkarni, S. (2023). Examining Gender Stereotypes Within the Fashion Industry. UC Merced Undergraduate Research
Journal, 15(1). https://doi.org/10.5070/m415160811
Misbahuddin, M., & Sholihah, A. M. (2018). Pakaian Sebagai Penanda: Kontruksi Identitas Budaya Dan Gaya Hidup Masyarakat Jawa (2000-2016). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(2), 112–133.
http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3547
Nangtjik, B. A., Kumbara, A. A. N. A., & Wiasti, N. M. (2023). Tren Fashion Pada Kalangan Generasi-Z Di Kota Denpasar. Jurnal Socia Logica, 3(4), 2961–7529.
https://jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/view/1358/1305
Perkasa, S., Ayu, I. D., Joni, S., Nyoman, N., & Pascarani, D. (2017). Analisis Penggunaan Fashion Androgini Sebagai Media Komunikasi di Kota Denpasar. E Jurnal Medium, 1(1), 1–11.
Qorib, F., Oktarina, R. A., & Ermelinda, J. J. (2023). Penggunaan Busana Sebagai Bentuk Ekspresi dan Identitas Mahasiswa di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 236–251.
Ranathunga, G. M., & Uralagamage, S. R. (2019). An Investigative Study Of The Androgynous Fashion Concept And Its Impact On The Sri Lankan Fashion MarkeT. International Conference on Business Research, 235–246.
Reis, B., Miguel, R., Pereira, M., Azevedo, S., & Jerónimo, N. . (2018). Genderless Clothing Issues in Fashion. January 2020.
Soetjipto, A., & Chandra, A. (2021). Fashion, Feminisme dan Hubungan Internasional : Perdebatan dalam Literatur. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 17(1), 17–29. https://doi.org/10.26593/jihi.v17i1.4220.17-29
Talitha, S. J., & Satiti, M. (2020). Reception Analysis of Androgyny According to College Student. Muhammadiyah University Of Surakarta.
Widyanita, A. ., Shabrina, S. R. ., & Sadewo, F. X. . (2022). Analisis Trend Fashion Hijab dalam Kajian Budaya Populer Di Kalangan Generasi Milenial. Majalah Ilmiah Tabuah, 26 No.2(Trend Fashion Hijab dalam kajian budaya populer), 73–79.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v9i1p49-62
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis
Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id
ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





