PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 4 SD NEGERI 03 SAMBIGEDE

Ifan Andriado, Hamida Zama Rahmatillah, Dinda Ayu Pebriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan dan hasil siklus dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas 4 SD Negeri 03 Sambigede. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas 4 SD Negeri 03 Sambigede tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 anak. Dalam penelitian tindakan kelas ini, dilakukan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data diperoleh dari observasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang didapatkan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Sambigede 3 dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa pada keseluruhan proses pembelajaran. Presentase ketuntasan pada siklus I adalah sebesar 65,5%, dan presentase ketuntasan pada siklus ke II adalah sebesar 72,4%. Dari presentase tersebut terjadi peningkatan presentase ketuntasan dri siklus I ke siklus II sebesar 7,9%.

 

Kata Kunci: Make a Match, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


---. ---. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Propenas 2000-2004. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.

Hakim, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Qaryatul Jihad Bengkulu Tengah). Jurnal As-Salam 2 (1): 9 Retrieved from http://jurnalassalam.org/ index.php/article/view/5).

Lie, Anita. (2003). Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang – Ruang Kelas.

Jakarta: PT. Gramedia.

Novitasari, Devi. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi Volume 7(2):1. Retrieved from http:jurnal.fkip.uns.ac.id

/index.php/ /sosant/article/view/10450).

Rasyid, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Makassar: FIP UNM.

Riana, Ina. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS Materi Koperasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) di SDN Tanta Hulu. Jurnal Sagacious Volume 4 (2) retrieved from http://rumah jurnal.net/index.php/jagacious/article/view/230).

Rusaman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Mutu: Model – Model Pembelajaran Profesionalisme Guru (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Shofya, Arum Rahma. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 3 Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi Volume 3 (2) retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id /index.php/sosant/article/view/3225)..

Sulistyaningsih, Febriyani, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Power Point Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Isomer dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon Kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kima Volume 3 (2): 85 retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id /index.php/kimia/article/view/3705.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pela




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um021v3i1p9-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis

Editorial Office:
Sociology Program, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-101 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 375, 376 (20)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jsph/index
email: jsphum@yahoo.co.id

ISSN 2502-7875 (printed)
ISSN 2527-5879 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.