Pelaksanaan Teaching Factory pada Bidang Pemesinan ditinjau Sarana Prasarana, Sumber Daya Manusia dan Dukungan Industri (Studi Kasus di SMK PGRI 3 Malang)
Abstract
Abstrak: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2020 pengangguran terbanyak berasal dari SMK sebesar 8,49%. Dalam mengantisipasi hal tersebut, sekolah menyelenggarakan model pembelajaran Teaching Factory (Tefa). Hasil penelitian di SMK PGRI 3 Malang menunjukan dari pemenuhan sarana prasarana pada pelaksanaan Tefa berpatokan pada pengerjaan job order yang diberikan industri. Pada sumber daya manusia, guru sudah memiliki sertifikat kompetensi dan siswa pelaksana Tefa dipilih melalui rekomendasi para guru. Kemudian untuk dukungan industri hanya berupa job order dan training guru.
Kata kunci: Teaching Factory, Sarana, Instruktur, Industri
Full Text:
PDFReferences
Afonso, dkk. 2019. The Teaching Factory Network: A new collaborative paradigm for manufacturing education. Procedia Manufacturing, 31, 398 - 403
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.
BPS. 2020. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). (Online), https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html. (Online), diakses 22 Oktober 2020
Diwangkoro & Soenarto 2019. Development of teaching factory learning models in vocational schools. Journal of Physics: conference series, 1456 (2020) 012046
Hadam, dkk. 2017. Strategi Implementasi Revitalisai SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Hernawan, C. 2018. Manajemen Pengelolaan Teaching Factory Bidang Teknik Pemesinan di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Fajaryati, N. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory SMK di Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3, 325–327.
Fathurrohman, W. (2016). Pelaksanaan Teaching Factory ( Tefa ) Pada Program Keahlian Teknologi Dan Rekayasa Di SMK Negeri 4 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FT UNNES.
Izzah. I. 2019. Contoh SMK PGRI 3 Malang, Dikdasmen berharap SMK seluruh Indonesia punya partner Industri. https://www.malangtimes.com/baca/38140/20190413/165100/contoh-smk-pgri-3-malang-dirjen-dikdasmen-berharap-smk-seluruh-indonesia-juga-punya-partner-industri
Kuswantoro, A. 2014. Teaching Factory (Rencana dan Nilai Enterpreneurship). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mawangi, P. A. 2016. Kerjasama SMK dengan Industri dalam Pelaksanaan Rekrutmen Tenaga Kerja Melalui Bursa Kerja Khusus di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Renita. 2018. Studi Tentang Pelaksanaan Teaching Factory SMK dikota Malang (Studi Kasus). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Sadikin, I. 2017. Studi Tentang Pengelolaan Unit Produksi Bidang Pemesinan SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Soendari, T. 2010. Pengujian Keabsahan Data Penelitian Kualitatif. Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UPI.
Tjiptady, B. C. 2019. Implementasi Life Based Learning Teaching Factory Approach dalam Penyaluran Lulusan Memasuki Dunia Kerja. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Yuli, R. 2018. Mendikbud: Lulusan SMK Banyak yang Nganggur karena Belum Tersentuh Upaya Revitalisasi Pemerintah. www.suara.com.hk, 1. http://www.suara.com.hk/mendikbud-lulusan-smk-banyak-yang-nganggur-karena-belum-tersentuh-upaya-revitalisasi-pemerintah/. Diakses 1 Mei 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v4i1p20-28
Refbacks
Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran
Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index
E-ISSN 2623-1271
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.
View My Stats