EKSPLORASI PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN SCIENTIFIC LITERACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN ELEMEN POKOK PENGETAHUAN BAHAN DAN DASAR SISTEM MEKANIK

Achmad Fauzi Bahauddin, Dwi Agus Sudjimat, Maftuchin Romlie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep fisika dan kemampuan scientific literacy para siswa dan menguji korelasi antara penguasaan konsep fisika dan kemampuan scientific literacy para siswa dengan hasil belajar mereka pada Matapelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin pada elemen pokok pengetahuan bahan dan dasar sistem mekanik, baik secara parsial maupun bersama-sama. Untuk maksud tedrsebut penelitian ini dijalankan menggunakan rancangan korelasional dengan subjek penelitian siswa klas XI Teknik Pemesian SMKN 1 Singosari. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik tes dengan tiga macam tes, yaitu tes penguasaan konsep fisika, tes kemampuan scientific literacy, dan tes hasil belajar dasar-dasar teknik mesin pada elemen pokok pengetahuan bahan dan dasar sistem mekanik. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial berupa teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika dan kemampuan scientific literacy para siswa berkualifikasi baik dan baik sekali; dan ada korelasi yang signifikan antara penguasaan konsep fisika dan kemampuan scientific literacy para siswa dengan hasil belajar mereka pada Matapelajaran Dasar-Dasar Teknik Mesin pada elemen pokok pengetahuan bahan dan dasar sistem mekanik, baik secara parsial maupun bersama-sama

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Armas, A. R. K., Ramlawati, & Syahrir, M. (2019). Hubungan Antara Literasi Sains Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Kelas Xi Mipa Sma Negeri Se-Kota Makassar. Chemistry Education Review (CER), 2(2), 67. https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8950

Artiawati, P. R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 5. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.331

Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, XIV(regresi liner), 22–37. http://jurnal.amy.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/90/89

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Atmasani, D., Yahya, M., & Farid, M. (2021). HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN FISIKA DENGAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK NEGERI 7 TAKALAR. Https://Medium.Com/, 5(3), 79–86. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Creswell, J. W. (2016). RESEARCH DESIGN, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (R. K. Farwaid, Achmad; Pancasari (ed.); 4th ed.). Pustaka Pelajar.

Fang, Z., & Wei, Y. (2010). Improving middle school students’ science literacy through reading infusion. Journal of Educational Research, 103(4), 262–273. https://doi.org/10.1080/00220670903383051

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Haristy, D. R., Enawaty, E., & Lestari, I. (2014). PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK. 27–36.

Janie, D. N. A. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan Spss. In Semarang University Press.

Jati, B. M. E., & Priambodo, T. K. (2008). Fisika Dasar untuk Mahasiswa Ilmu-Ilmu Eksakta & Teknik. Adi Offset.

Kamal, S., & Mulhayatiah, D. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Pada Hukum Newton Dan Penerapannya. Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.15575/jotalp.v1i1.3441

Kurniawan, R., & Arief, A. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Hukum Newton Tentang Gerak Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02), 1–3.

Lamada, M., Suhardi Rahman, E., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Smk Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42.

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889

Nadhiif, M. A., Diantoro, M., & Sutopo. (2015). Tes Isomorfik Berbasis Komputer untuk Diagnostik Miskonsepsi Diri pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 58–67.

Nugraha, D. M. D. (2022). Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 153–158.

Nugraheni, D., Suyanto, S., & Harjana, T. (2017). Pengaruh Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 178–188.

Paloboran, M., & Yahya, M. (2021). Mekanika Bahan Teknik Mesin. Scopindo Media Pustaka.

Parenrengi, S., & Yusuf, A. Z. (2021). Kontribusi Mata Pelajaran Fisika Terhadap Pengetahuan Teknologi Dasar Sepeda Motor di Sekolah Menegah Kejuruan. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, ISBN: 978-, 893–900.

Pasaribu, A., & Saparini. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk Meremidiasi Miskonsepsi pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 36–47.

Prajaka, H., & Purwadi, D. (2016). Hubungan Penguasaan Matematika dan Fisika Terhadap Penguasaan Mekanika Teknik Pada Siswa SMK Negeri di Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 234–240.

Saragih, M. (2022). Mengkaji mekanika terapan. 2(2), 26–28.

Sukowati, D., & Rusilowati, A. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Metakogntif Peserta Didik. Physics Communication, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.15294/physcomm.v1i1.8961

Surosos, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Termodinamika Pada Siswa Sma Negeri 1 Magetan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 8. https://doi.org/10.25273/jems.v4i1.200

Sutrisno, A. D. (2019). Survey Pemahaman Konsep dan Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 106. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15796

Tarisalia, F. S., Irawan, I. D. A., & Fis, T. N. (2020). Studi Pustaka Miskonsepsi Siswa dalam Konsep Gerak Lurus, Gerak Parabola, dan Gerak Melingkar. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4), 208–217.

Tiandho, Y. (2018). Miskonsepsi gaya gesek pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.1814

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA ASPEK PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI SAINS SISWA SMP PADA MATERI KALOR. 274–282.

Yogismawati, F. (2018). Eksplorasi Penguasaan Konsep dan Scientific Literacy Siswa Serta Hubungan Keduanya pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri Materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Singosari. State University Of Malang.

Yolanda, Y. (2017). Remediasi Miskonsepsi Kinematika Gerak Lurus dengan Pendekatan STAD. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.76

Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 274–282.

Zulvita, Halim, A., & Kasli, E. (2017). Identifikasi dan remediasi miskonsepsi konsep hukum newton dengan menggunakan metode eksperimen di man darussalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika., 2(1), 128–134.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v5i2p113-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Achmad Fauzi Bahauddin, Dwi Agus Sudjimat, Maftuchin Romlie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats