PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MILLIAR (MILLING AUGMENTED REALITY) KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI BAGIAN-BAGIAN MESIN FRAIS BERDASARKAN JENIS DAN FUNGSINYA

Arindita Putri, widiyanti widiyanti, duwi leksono edy

Abstract


Hasil diskusi bersama guru mata pelajaran produktif Teknik Pemesinan Frais di SMK PGRI 3 Malang, penyampaian materi dengan metode demonstrasi tidak dapat dilakukan secara langsung, karena seluruh siswa belajar dari rumah sehingga guru hanya menggunakan media powerpoint dan video pembelajaran. Dampaknya siswa mengalami kesulitan untuk mendalami materi dan cenderung bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran jarak jauh berbasis augmented reality. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Tahapannya, yaitu: 1) analisis kebutuhan; 2) desain, 3) pengembangan produk dan uji validasi, 4) uji coba siswa kelas X SMK PGRI 3 Malang pada mata pelajaran Teknik Pemesiann Frais, dan 5) evaluasi. Instrumen pengukuran berupa angket dengan skala Likert. Hasil penelitian dan pengembangan berupa media pembelajaran MILLIAR (milling augmented reality) yang terdiri atas modul, aplikasi Android, dan buku panduan penggunaan. Persentase hasil uji validasi mencapai 100% menurut ahli materi, 98% menurut ahli media, dan 100% menurut guru mata pelajaran. Persentase hasil uji coba kelompok kecil oleh 8 siswa mencapai 94,42%  dan hasil uji coba lapangan terhadap 54 siswa mencapai 85,22%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran MILLIAR memperoleh kriteria sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya.


Full Text:

PDF

References


Hamzah, M.L., Ambiyar, Rizal, F., Simatupang, W., Irfan, D., & Refdinal. 2021. Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device. International Journal of Interactive Mobile Technologies, No.12, Vol.15, 47-64. DOI: 10.3991/ijim.v15i12.21993.

Putra, A.B.N.R., Mukhadis, A., Ulfatin, N., Tuwoso, Subandi, M.S., & Hardika. 2021. The Innovation of Disruptive Learning Media with Augmented Reality Based 3D Object Concept with Drill Machine Design to Improve Quality of Distance Learning in The Era of Education 4.0. International Journal of Interactive Mobile Technologies, No.12, Vol.15, 193-200. DOI: 10.3991/ijim.v15i12.21579.

Wahyudi, U.M.W. & Arwansyah, Y.B. 2019. Developing Augmented Reality-based Learning Media to Improve Student Visual Spatial Intelligence. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(2), 89() ̅ 95. DOI: 10.15294/ijcets.v7i2.36039.

Shoikova, E., Nikolov, R., & Kovatcheva, E. 2018. Smart Digital Education Enhanced by AR and IoT Data. INTED2018 Proceedings, 1(1), 5861() ̅ 5871. DOI: 10.21125/inted.2018.1392.

Elmqaddem, N. 2019. Augmented Reality and Virtual Reality in Education. Myth or Reality?. International Journal of Emerging Technologies in Learning, No.3, Vol.14, 234-242. DOI: 10.3991/ijet.v14i03.9289.

Fadilah, S.J., & Suwito, D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran ARTIK3D (Augmented Reality Gambar Teknik 3D) pada Platform Android Untuk Siswa Teknik Pemesinan di SMK Negeri 3 Surabaya. JPTM, No.2, Vol.1, 77-81.

Anugrah, K.W., & Alfian, A.N. 2020. Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Komponen Utama Mesin Mobil Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, No.1, Vol. 5, 21-32.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Akker, J.V.D. 1999. Principles and Methods of Development Research. In: van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., Plomp, T. (eds) Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer: Dordrecht. DOI: 10.1007/978-94-011-4255-7_1.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science Business Media, LLC. DOI 10.1007/978-0-387-09506-6_1.

Sadiman, A.S. 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pribadi, B. A. 2009. Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v6i1p47-57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arindita Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats