Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory Smk Swasta Di Kota Malang

Dani Kristian, Yoto Yoto, Widiyanti Widiyanti

Abstract


Teaching factory merupakan bentuk proses pembelajaran dimana suasana industri dihadirkan secara langsung dalam proses pelaksanaannya. Tujuan teaching factory itu sendiri guna meningkatkan mutu tamatan SMK untuk mengurai tingkat pengangguran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP. Model CIPP sendiri dipilih guna meninjau pelaksanaan teaching factory melalui aspek context, input, process, serta product. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah guru produktif serta pengurus teaching factory SMK swasta di Kota Malang. Hasil penelitian ini ditinjau dari aspek context, input, process, dan product dalam kategori sangat sesuai..

 

Kata kunci:. Teaching factory, Evaluasi, CIPP, SMK swasta Kota Malang


Full Text:

PDF PDF

References


Ayu Dyah, dkk. (2018). Pengaruh Dukungan Industri Terhadap Keberhasilan Siswa Melaksanakan Teaching Factory. Jurnal Pendidikan: Teori Penelittian dan Pengembangan, Vol.3 No.6. Universitas Negeri Malang.

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenaga Kerjaan Indonesia Februari 2020. Di akses secara online pada 4 Februari 2021. Dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1672/februari-2020--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-99-persen.html. tanggal 8 Februari 2021.

Burhan, M dkk. (2013). Model Pengelolaan Tecahing Factory Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian pendidikan Vol.30 No.2. Universitas Negeri Semarang.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Fathurrohman, W. (2016). Pelaksanaan Teaching Factory (TEFA) Pada Progam Keahlian Teknologi dan Rekayasa Di SMK Negeri 4 Semarang. Skripsi. FT, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang.

Fitrihana, N. (2018). Rancangan Pembelajaran Teaching Factory Di SMK Tatta Busana, HEJ (Home Economic Jurnal). Vol.2, No. 2. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gazhali, A dan Nadinastiti. (2015). Rencana pembangunan desain Nasional 2015-2019. Jakarta:PT. Republik Solusi.

Kincheloe, J. N. (2018). How Do Well the Workers? The Socioeconomic Foundations of Work and Vocational Education. New York:Routledge.

Kurniawan, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah (TF 6M) Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. SMK Depok Yogyakarta.

Mukhlisin, M, dkk. (2017). Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Dengan Teaching Factory. Jurnal Of Economic Education. JEE 6(1) (2017) 36-42. Universitas Negeri Semarang.

Nilayanti, I, V. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurtanto, M, dkk. (2017). Pengembangan model Teaching factory di sekolah kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017. ISBN 978-602-19411-2-6. FKIP. Pendidikan teknik Mesin Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Siswanto, I. (2011). Pelaksanaan Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional 2011 “wonderful Indonesia”. PTBB FT UNY.

Stavropoulus, P. dkk. (2018). Collaborative Machine Tool Design : The Teaching Factory Paradigm. 8th Conference on learning Factories. Univercity of Patras. Yunani.

United Nations development Progams. (2020). Human Developments Report Indonesia. Diakses pada tanggal 6 Februari secara online. Dari http://hdr.undp.org/en/countries/profiles/IDN

Utaminingsih, S. (2011). Model Manajemen Pengembangan Soft Skill SMK Program Keahlian Pariwisata. 169–183.

Yunanto, dwi. (2016). Implementasi Teaching factory Di SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul. Jurnal Vidya Karya Vol.31 No.1. P4TK Seni Budaya Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v6i1p1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dani Kristian, Yoto Yoto, Widiyanti Widiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats