Pengembangan Modul Pembelajaran Inventor Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di SMK Negeri 1 Singosari

Afif Fakhoor Rohman, Widiyanti Widiyanti, Agus Suyetno

Abstract


Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas serta peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran TGM dengan pengembangan modul Inventor berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Singosari. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan, 1) hasil validasi ahli media 96.70%, validasi materi 96.70%, kelompok kecil 88.33%, kelompok besar 89.38%, sehingga layak dikembangkan. Serta dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa diperolehnya nilai pada kelompok thitung > tTabel 6.000 > 2.776, dan kelompok besar thitung > tTabel = 12.880 > 2.05. 2) nilai rata-rata hasil belajar siswa di atas KKM sebesar 96.66% yang dapat meningkatkan kompetensi siswa.

 

Kata kunci:. Pengembangan Bahan Ajar, Modul Inventor, Contextual Teaching And Learning


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Educational Research: an Introduction (Third Edition). New York: Longman.

Eliza, Delfi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. XIII, No. 2

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi research. Yogyakarta: Andyu Offest. Jilid 1, hlm. 47.

Harsono, Beni., Soesanto, Samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Antara Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetisi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vo. 9. No. 2.

Ningtyas, Pitriya.,Siswaya, Heri. 2012. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe TGT Dilengkapi Modul dan LKS Ditinjau Dari Aktivitas Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran FIsika, Vol. 3. No 1. ISSN: 2086-2407

Nurdyansyah, Mutala’liah, Nahdliyah. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sidoarjo: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Nurlaili. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI.1 Is Di SMA Negeri 5 Banda Aceh, Volume 27 Nomor 2. DOI: http://dx.doi.org/10.32672/si.v27i2.131

Panjaitan, Dedy Juliandri. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika. Jurnal, Vol. 1. No. 1.

Pinahayu, E.A.R., Auliya, R.N., Adanyani, L.P.W. 2018. Implementasi Aplikasi Wingeom Untuk Pengembangan Bahan Ajar di SMP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1. No 02. ISSN: 2615-4749

Saputro, Edi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah Kelas VII Semester 1. Tesis tidak diterbitkan, Lampung: Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Lampung.

Shinta, R.N. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL Berdasarkan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, Vol. 1 No. 2. Hal 142-147

Sulfemi, W.B. Yuliani, N. 2019. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 7, No. 2. DOI: 10.33603/ejpe.v7i2.1970

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wening, T.M., Estidarsani, Nanik. 2013. Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Mata Diklat Teknik Gambar Bangunan Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Vol. 2. No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v6i1p19-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afif Fakhoor Rohman, Widiyanti Widiyanti, Agus Suyetno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats