PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE UNTUK FAKULTAS SAIN DAN TEKNOLOGI UIBU

Dwi Sagitta Tjipta, Mohammad Nur Cholis, Arisandi Arisandi, Arinta Agnie Dewantari

Abstract


Pendidikan harus mengakomodasi teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan berkualitas dengan pembelajaran efektif dan efisien. Salah satu penerapan caranya adalah pembelajaran blended learning yang merupakan penyempurnaan pembelajaran konvensional tatap muka di kelas dengan memanfaatkan pembelajaran jarak jauh sebagai pendukung kegiatan di kelas, sehingga waktu belajar semakin panjang dan mahasiswa bisa mengembangkan diri untuk menguatkan pemahamannya selama di rumah. Blended learning memanfaatkan Learning Management System (LMS) sebagai fasilitas untuk mendukung pembelajaran. LMS meliputi perencanaan, penggunaan ulang materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Salah satu LMS yang banyak digunakan untuk pembelajaran adalah Moodle yang sudah mendukung fitur-fitur yang dibutuhkan untuk LMS.

Pengembangan LMS untuk mendukung pembelajaran pada Program Studi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Kimia Fakultas Sain dan Teknologi (FST) Universitas Insan Budi Utomo (UIBU), meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan rekapitulasi hasil evaluasi pembelajaran. LMS ini diterapkan dengan pendekatan konstruktivisme untuk memperkuat kemampuan kognitif mahasiswa, dengan model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning yang didukung LMS (Blended Learning).

Uji LMS ini meliputi uji kelayakan yang dilakukan oleh Kaprodi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, dan S1 Teknik Kimia FST UIBU yang menyatakan bahwa pengembangan LMS ini efektif dan fungsional dalam mengakomodir pembelajaran pada semua Prodi FST UIBU.

Kata kunci—Learning Management System, Moodle, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1986. Prosedur Penelitian. Yogyakarta; Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta; Rajawali Pers.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2000. Dosen dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta; PT Rineka Cipta.

Wibowo, Agung Tri, dkk. 2014. Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis WEB untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah SJI Vol. 1 No.2 2014

Fitriani, yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 4 No. 2, Desember 2020

Wiragunawan, I Gusti Ngurah. 2022. Pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring pada Satuan Pendidikan. Jurnal Ilmiah EDUTECH- Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi Vol. 2 No. 1 2022

Harahap, Safri Nanda, dkk. 2023. Penguatan Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Melalui Learning Management System (LMS) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah JAVIT- Jurnal Vokasi Informatika Vol. 3 No. 1 Februari 2023

Clemente Charles Hudson & Dawn Holley Dennis. 2005. Addressing Accountability via Contextual Teaching and Learning. Florida A&M University Developmental Research School.

Mindflash.com. 2014. What is an LMS?. Mindflash.com official Sie, (Online), 18 ‎Agustus ‎2014, ‏‎16:55:12. http://www.mindflash.com/learning-management-systems.

Sardiman, Arief dkk. 1990. Media Pendidikan (Pengertian Pengembangan Pemanfaatan). Jakarta; Rajawali.

Setiawan, Muhammad. 2010. Pengembangan Sistem E-Learning Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Ikhwaniah. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sudjana, Nana. 1985. Teori Teori Pembelajaran. Jakarta; Lembaga Penerbitan Ekonomi Universitas Indonesia.

Salahuddin dkk. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Slavin, R.E. 2009. Educational Psychology: Theory and Practices. 9th edition. New Jersey: Pearson.

Savitri Fatimaningrum, Arumi. Karakteristik guru dan Sekolah yang Efektif dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Tim Pengembang LMS Universitas Hasanudin. 2014. Learning Management System Universitas Hasanuddin. Tim Pengembang, (Online), 18 ‎Agustus ‎2014, ‏‎16:55:12. http://lms.unhas.ac.id/index.php.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v6i2p79-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Sagitta Tjipta, Mohammad Nur Cholis, Arisandi Arisandi, Arinta Agnie Dewantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats