Analisis Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang

Alwi Maulana Malik, Marsono Marsono

Abstract


Abstrak: Pemerintah Indonesia saat ini mencanangkan sebuah program baru pada sektor pendidikan yakni Program Merdeka-Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kompetensi pedagogik memiliki pengertian yang merujuk pada keterampilan guru dalam mengatur proses pembelajaran peserta didik. Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Universitas Negeri Malang telah menyelesaikan kegiatan program MBKM asistensi mengajar periode ajar 2022-2023 pada bulan Agustus-Januari. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengukur dan mendiskripsikan kompetensi pedagogik yang dimiliki mahasiswa  prodi PTM selama menjalankan program asistensi mengajar, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan AM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa prodi PTM yang menjalankan program asistensi mengajar periode tahun 2019/2020 sebanyak 76 orang. Hasil  dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran kompetensi pedagogik mahasiswa prodi PTM pada program Asistensi Mengajar mayoritas menunjukkan kategori sedang dengan jumlah mahasiswa sebanyak 64 orang (84,2%). Sedangkan 12 orang lainnya menunjukkan kategori rendah (15,8%). (2) Keberhasilan pelaksanaan program sangat tergantung pada faktor pendukung, seperti dukungan manajemen, kolaborasi antar pendidik, pemanfaatan teknologi, pengembangan profesional, pengakuan, dan integrasi elemen-elemen pendukung. Sebaliknya, faktor penghambat mencakup resistensi terhadap perubahan, kurangnya dukungan manajemen, dan kendala teknis.

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Asistensi Mengajar, Merdeka Belajar Kampus Merdeka


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta. Grasindo.

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, 2(1), 72-79.

Anwar, B. 2018. Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 6(2), 114-125.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50.

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309.

Dasmo, D., & Sumaryati, S. (2015). Peran guru pamong dan dosen pembimbing Terhadap keberhasilan program pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).

Dhita, D. R. T. (2022). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 55 SELUMA (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Ertmer, P. A., Ottenbreit-Leftwich, A., & Tondeur, J. (2015). Teacher beliefs and uses of technology to support 21st-century teaching and learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 12(1), 1–17.

Fullan, M., & Hargreaves, A. (1996). What’s worth fighting for out there? Teachers and the quest for educational reform. Teaching and Teacher Education, 12(3), 331–346.

Guskey, T. R., & Yoon, K. S. (2009). What works in professional development? Phi Delta Kappan, 90(7), 495–500.

Hord, S. M. (2009). Professional learning communities: Communities of continuous inquiry and improvement. NASSP Bulletin, 93(1), 4–8.

Ihsan, D. 2020. Mendikbud: Soft Skill dan Hard Skill Sama Pentingnya. KOMPAS.com. 8 Desember 2020. Diakses tanggal 22 Agustus 2023. https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/08/205635971/mendikbud-soft-skill-dan- hard-skill-sama-pentingnya?page=all

Iwinsah, R. 2020. Menakar Konsep “Merdeka Belajar”. Intens.news. 13 Januari 2020. Diakses tanggal 14 September 2023 https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/

Janawi, J. 2019. Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79.

Kartikawati, D., Rajagukguk, D. L., & Sriwartini, Y. (2019). Penanaman nilai-nilai multikultural yang dipengaruhi oleh kompetensi komunikasi guru di sekolah dasar inklusi trirenggo, yogyakarta. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(2), 168-176.

Kristanto, Y. D. (2021, March). Pola Interaksi dan Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Komputer. In Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021 (pp. 12-27). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Lapau, B. 2013. Metode Penelitian Kesehatan Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Lapau, Bukhari. 2013. Metode Penelitian Kesehatan Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Manalu, D., dkk, 2023. PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V MUATAN PELAJARAN IPS SD SANTO THOMAS 2 MEDAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3683-3692.

Mandasari, J. 2020. Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22-30.

Mustafa, J. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru, Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Nurcahyo, R. W. 2015.Praktik Pengalaman Lapangan dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Dan Komputer. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains,Vol.4, No. 2.

Nuriyah, N. 2014. Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC

Nurul Ain dan Maris Kurniawati, Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik di Sekolah dasar, ( Jurnal.Pendidikan: Malang )

Prabowo, H. 2019. Pentingnya peranan kurikulum yang sesuai dalam pendidikan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 3(1), 1-10.

Sari, A. A. (2017). Komunikasi antarpribadi. Deepublish.

Setialaksana, W., Abdal, N. M., Amir, J., & Baso, F. (2023). PKM Pelatihan Riset dari Rumah untuk Percepatan Studi Mahasiswa. TEKNOVOKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 346-351.

Smith, P., & Johnson, L. (2018). Collaborative Curriculum Development: Strategies for Meaningful Learning Experiences. Journal of Higher Education Curriculum & Instruction, 53(2), 145-160.

Sudrajat, A. (2012). Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik Guru. Artikel Pendidikan. Artikel Pendidikan Online (https://akhmadsudrajat. wordpress. com/2012/01/29/kompetensi-pedagogilk-guru/).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartoyo, E., dkk, 2020. Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). 1(3), 161.

Sujana, I. W. C. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29-39.

Sunanto,J & Hidayat, Desain Pembalajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas. Jurnal Asesmen dan Intervesi Anak Berkebutuhan Khusus. 17(1). Retrieved fromhttps://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/5738/3900

Susetyo, S. 2020. Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29-43.

Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009), h .31

Trust, T., Krutka, D. G., & Carpenter, J. P. (2017). “Together we are better”: Professional learning networks for teachers. Computers & Education, 102, 15–34.

Universitas Negeri Malang. 2020. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Edisi keenam). Malang: UM Press.

Universitas Negeri Malang. 2021. Panduan Pelaksanaan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan. Malang: UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i1p29-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alwi Maulana Malik, Marsono Marsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats