Hubungan Kompetensi Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan dan Kompetensi Praktik Kerja Lapangan dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Nasional Malang

Yuda Dwi Cahyono, Eddy Sutadji

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional expost facto. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan dan kompetensi praktik kerja lapangan baik secara parsial maupun simultan dengan minat berwirausaha. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII teknik pemesinan SMK Nasional Malang berjumlah 30 siswa yang sudah menempuh mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan dan sudah melaksanakan praktik kerja lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas), uji hipotesis menggunakan teknik korelasi pearson product moment (parsial) dan teknik korelasi berganda (simultan). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan dengan minat berwirausaha, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi praktik kerja lapangan dengan minat berwirausaha, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan dan kompetensi praktik kerja lapangan dengan minat berwirausaha.

 

Kata Kunci: Mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan, Praktik kerja lapangan, Minat berwirausaha.

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, R. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Praktikum Pemesinan dan Kompetensi Praktek Kerja Lapangan terhadap Minat Berwirausaha di SMK PGRI 3 Malang. Malang: Skripsi tidak diterbitkan.

Herni. (2023). BMW dan Lulusan SMK 2023, Rekam Jejak Menuju Kesuksesan. BBPPMPV BMTI. Dari https://bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id/main/2023 /10/04/ bmw-dan-lulusan-smk-2023-rekam-jejak-menuju-kesuksesan/

Kamdi, W., Nurhadi, D., Ranu, M. E., Jamil, A. S. (2020). Advancing SMK Dari SMK 3 Tahun ke SMK 4/5 Tahun. 1(1). Dari http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 7 Jember (Studi Kasus Pada Kelas …). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi…, 14, 357–360. Dari https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16522

Mustofa, M. A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Jurnal Lumbung Pustaka UNY Vol. 4, Issue 2014.

Purnomo, D. (2022). Prestasi Praktik Kerja Industri dan Pengetahuan Kewirausahaan Mempengaruhi Minat Berwirausaha Siswa SMK. Malang: Skripsi tidak diterbitkan.

Purwanti, H. (2022). Prakerin dengan Praktik Wirausaha pada Program Keahlian Kuliner Di Masa Pandemi Covid ‘19. Jurnal Paradigma : Journal of Sociology Research and Education, 3(1), 200–210. Dari https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i1.3398

Rifai, A. (2022). Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan Kemanfaatan Pembelajaran Teaching Factory dengan Minat Berwirausaha pada Era Revolusi Industri 4.0 pada Siswa Kelas XII kompetensi keahlian multimedia di SMKN 12 kota Malang. Malang: Skripsi tidak diterbitkan.

Rusdiana, H. A. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(4), 369.

Saputra, A. A. (2017). Hubungan Antara Prestasi Praktik Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: Skripsi tidak diterbitkan.

Sholahuddin, A. Y., Djaelani, A. R., & Apriyanto, N. (2021). Pengaruh Teaching Factory dan Produk Kreatif Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Kelas XII TBSM SMK Bina Utama Kendal. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(1), 119–128.

Utami, A. A. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Model Pembelajaran TF 6M terhadap Kompetensi Wirausaha Siswa kelas XII Alfa Class Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI Subang. Jurnal pendidikan ekonomi UNDIKSHA Vol. 14 No. 1. Dari https://ejurnal.undiksha.ac.id.

Wijayanti, L. N. E. R. (2016). Kontribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Pengalaman Prakerin terhadap Pola Pikir Wirausaha pada Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Nganjuk. Malang: Tesis tidak diterbitkan.

Yuliani, A. (2021). GURU BERBAGI | Praktik baik optimalisasi mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kepada peserta didik Saat PJJ. Dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/praktik-baikoptimalisasi mata -pelajaran-produk-kreatif-dan-kewirausahaan-kepada-siswa-selama pembela-jaran -jarak-jauh/. Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i1p40-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuda Dwi Cahyono, Eddy Sutadji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats