Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran CNC terhadap Kompetensi Membuat Program CNC Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen
Abstract
Abstrak: Kemampuan komunikasi matematis memiliki 3 indikator, yaitu: (1) kemampuan dalam menyampaikan konsep; (2) kemampuan dalam menganalisis berdasarkan pemikiran; dan (3) kemampuan mengaplikasikan terminologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis berdasarkan indikator-indikator tersebut dalam pembelajaran CNC terhadap kompetensi membuat program CNC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel penelitian ini adalah 38 siswa kelas XII teknik pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Data penelitian ini didapatkan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan acuan bagi guru untuk menentukan kebijakan di dalam kelas dan menjadi bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya.
Kata kunci: Komunikasi Matematis, Program CNC, Pemesinan
Full Text:
PDFReferences
Afiani, Nur. 2016. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” JKPM 1-13.
Effendi, Kiki Nia Sania. 2017. “Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics 87-94.
Fadhilaturrahmi. 2017. "Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar." EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 109-118.
Fadlilah, Nur. 2014. "Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Volume Prisma dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)." Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2).
Hartono, Muhamad Firdaus, and Sipriyanti. 2019. "Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Fungsi dengan Pendekatan Open Ended pada SIswa Kelas VIII MTS SIrajul Ulum Pontianak." Jurnal Eksponen 9-20.
Hikmawati, Fenti. 2020. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Izzati, Nurma. 2015. “Meningkatkan kemampuan Analisis Matematis Mahasiswa pada Mta Kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern melalui Pembelajaran Kolaboratif MURDER.” JPM IAIN Antasari 15-28.
Novita, Sania, Slamet Santosa, dan Yudi Rinanto. 2016. “Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning.” Proceeding Biology Education Conference. Surakarta: UNS. 359-367.
Perdana, Novrian Satria. 2019. "Analisis Permintaan dan Penawaran Lulusan SMK dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja." REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan 173-181.
Purwoko, Bambang Setiyo Hari. 2020. Dasar-dasar Memrogram CNC. Yogyakarta: UNY Press.
Rahmatullah, Khoirul Umurani, dan M A Siregar. 2021. “Pengembangan Lintasan Pahat Pada Pengefraisan “Umsu” menggunakan CNC TU 3A.” Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi 08-15.
Rosyidah, Masayu, and Rafiqa Fijra. 2021. Metode Penelitian. Sleman: Deepublish.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka CIpta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Yudhyadi, I G. N. K., Tri Rachmanto, dan Adnan Dedy Ramadan. 2016. “Optimasi Parameter Pemesinan terhadap Waktu Proses pada Pemrograman CNC Milling dengan Berbasis CAD/CAM.” Dinamika Teknik Mesin 38-50.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i1p19-28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rifdah Alyya Romadhon, Duwi Leksono Edy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index
E-ISSN 2623-1271
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.
View My Stats