Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Berbasis Autodesk Inventor 2020 terhadap Hasil Belajar Proyeksi Siswa Kelas X SMK

Mochammad Masyfuk Zain, Dwi Agus Sudjimat

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Berbasis Autodesk Inventor 2020 terhadap Hasil Belajar Proyeksi Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dan jenis penelitian Nonequivalent Control Group Design Pre-test dan Post-test. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X METRO A sebagai kelas eksperimen dan kelas X METRO B sebagai kelas kontrol di SMKN 8 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji  taraf  kesukaran, uji  daya  pembeda.  Analisis data  yang  digunakan  yaitu  uji  normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Visual, Autodesk Inventor 2020, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Akhter, Z., Malik, G., & Plummer, V. (2021). Nurse Educator Knowledge, Attitude and Skills Towards Using High-Fidelity Simulation. Nurse Education in Practice, 53. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103048

Albert, C. L., Rubio, F., & Valero, F. (2021). Impact of Digital Transformation on the Automotive Industry. Technological Forecasting and Social Change, 162. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120343

Astuti, M., Sudira, P., Mutohhari, F., & Nurtanto, M. (2021). Competency of Digital Technology: The Maturity Levels of Teachers and Students in Vocational Education in Indonesia. Journal of Education Technology, null, null. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.35108

Baskara, R., Dantes, R., & Nugraha, P. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Sistem Pengapian Siswa Kelas XI TSM di SMK Negeri 3 Singaraja. Dalam Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha | (Vol. 5, Nomor 3).

Billy, G., Sutrisna, B., Wayansujana, I., & Ganing, N. N. (2019). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya, 1(2).

Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendali, dan Listrik, 03.

Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan.

Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar , 3. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas for Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92

Ivanov, D., Dolgui, A., & Sokolov, B. V. (2019). The Impact of Digital Technology and Industry 4.0 on the Ripple Effect and Supply Chain Risk Analytics. International Journal of Production Research, 57(3), 829–846. https://doi.org/10.1080/00207543.2018.1488086

Jafar, D. S. A., Saud, M., Hamid, M. Z. A., Suhairom, N., Hisham, M., & Zaid, Y. H. (2020). TVET Teacher Professional Competency Framework in Industry 4.0 Era. Universal Journal of Educational Research, 8, 1969–1979. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080534

Jones, M. D., Hutcheson, S., & Camba, J. D. (2021). Past, Present, and Future Barriers to Digital Transformation in Manufacturing. Journal of Manufacturing Systems, 60, 936–948. https://doi.org/10.1016/j.jmsy.2021.03.006

Kergroach, S. (2017). Industry 4.0: New Challenges and Opportunities for the Labour Market. Foresight and STI Governance, 11(4), 6–8. https://doi.org/10.17323/2500-2597.2017.4.6.8

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & Agustia, N. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Lase, D. (2018). Education Industrial Revolution 4.0.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Dalam BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3, Nomor 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Monica, S., Sendratasik, J., & Sudarman, Y. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Seni Budaya Kelas VII di SMPN 29 Sijunjung. Dalam 3 Seri A (Vol. 7).

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajara dalam Meningkatkan Minat Belajar SISWA SD Negeri Kohod III. Dalam PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Nomor 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi.

Pratama, P. W. N. (2022). Pengaruh Penerapan Aplikasi Swansoft CNC Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC Materi CNC Milling pada Kelas XI Teknik Pemesinan.

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 1–100.

Saputra, A. W. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Media Visual pada Siswa Kelas X Permesinan I di SMKN 5 Jakarta Timur.

Syam, Z. F. (2020). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplanan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL).

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. 4(2), 2407–2451. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017

Wagiran, Pardjono, Suyanto, W., Sofyan, H., Soenarto, S., & Yudantoko, A. (2019). Competencies of Future Vocational Teachers: Perspective of in-Service Teachers and Educational Experts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 387–397. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25393




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v7i1p10-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mochammad Masyfuk Zain, Dwi Agus Sudjimat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats