Analisis Kecepatan Putar, Durasi Gesek dan Tekanan Terhadap Kekuatan Tarik Hasil Pengelasan Gesek (Friction Welding)

Muhammad Rizka Gita Firmansyah, Solichin Solichin, Rr Poppy Puspitasari

Abstract


Pengelasan busur listrik elektroda terbungkus cocok digunakan untuk pelat-pelat datar. Namun untuk benda pejal sulit untuk dilakukan, apabila digunakan untuk benda pejal, maka, hasilnya kurang baik. Salah satu solusi untuk mengelas benda pejal yaitu menggunakan pengelasan gesek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan tarik hasil pengelasan gesek (friction welding) dengan variasi kecepatan putar, durasi gesek dan tekanan serta mengetahui bagaimana struktur mikro hasil pengelasan gesek (friction welding). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model one-shot case study dan analisis deskriptif. Analisis deskriptif meliputi hasil uji tarik dan struktur mikro hasil pengelasan gesek. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, nilai kekuatan tarik yang paling tinggi dihasilkan pada variasi kecepatan putar 2850 Rpm, durasi gesek 60 detik pada tekanan 8 Mpa. Sedangkan untuk hasil kekuatan tarik yang paling rendah yaitu dihasilkan pada variasi kecepatan putar 2850 Rpm, durasi gesek 80 detik pada tekanan 8 Mpa. Hasil foto mikro menunjukan bahwa tidak ada perubahan fase pada hasil pengelasan gesek hanya terjadi penghalusan partikel Mg2Si pada daerah Zpd dan Zpl, sedangkan pada daerah Zud memiliki bentuk partikel Mg2Si yang sama dengan spesimen tanpa perlakuan.

Full Text:

PDF

References


Basher, Uday M dan Ahmad. 2014. Joint Properties of friction Welded 6061 Aluminum Alloy / YSZ-Alumina Composite at Low Rotational Speed. http://www.sciencedirect.com/. Online. Diakses 15 November 2017.

Kumar, Ranvijay dkk. 2017. Friction Welding For T he Manufacturing of PA6 and ABS Structures Reinforced With Fe Particles http://www.sciencedirect.com/. Online. Diakses 15 November 2017

Kumar, Sachin dkk. 2014. A Research Paper on Temperature Modelling of Friction Welding of Aluminium and Stainless Steel-304. http://www.sciencedirect.com/. Online. Diakses 15 November 2017.

Prasetyono, Sigied & Subiyanto, Hari, 2012. Pengaruh Durasi Gesek, Tekanan Gesek dan Tekanan Tempa Terhadap Impact Strenght Sambungan Las Gesek Langsung Pada Baja Karbon AISI 1045. Online. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-24016-2108100519-Paper.pdf. Diakses 03 Januari 2017.

Setyawan, F.W dan Dwileksana, Dedi. 2014. Analisis Sifat Mekanik Dan Struktur Mikro Aluminium Paduan Al-Mg-Si Hasil Pengelasan Friction Welding Dengan Variasi Kecepatan Putar. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57465?show=full. Online. Diakses 15 November 2017.

Sugito, Bibit dkk. 2016, Pengaruh Kedalaman Pin (Depth Plung)Terhadap Kekuatan Sambungan Las Pada Pengelasan Gesek AL 5083. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-24016-2108100519-Paper.pdf. Online. Diakses 06 Juni 2017.

Sunyoto, Budi Luwar. 2012. Penerapan Teknologi Las Gesek Friction Welding) Dalam Proses Penyambungan Dua Buah Pipa Logam Baja Karbon Rendah. http://www.e jurnal.com/2014/08/penerapan-teknologi-las-gesek-friction.html. Online. Diakses 05 Juli 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um054v1i2p1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran



Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtmp/index

E-ISSN 2623-1271

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats