PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS ADOBE FLASH KOMPETENSI MENJELASKAN CARA KERJA ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH DI SMKN 11 MALANG

Khusnul Yulio Pratama, Agus Sholah, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Dengan tersedianya pembelajaran menggunakan teknologi aplikasi Android di smartphone pendidik dan murid bisa melaksanakan proses belajar mengajar menjadi lebih baik, dan merangsang minat belajar murid. Riset ini bermaksud untuk: 1) Untuk membuat alat pembelajaran berupa aplikasi android mendasar adobe flash pada pelajaran mengartikan Cara Kerja Engine dua dan empat tak. 2) Untuk melihat Kepantasan alat pembelajaran android mendasar adobe flash pada pelajaran mengartikan Cara Kerja Engine dua dan empat tak yang layak dan efektif untuk murid kelas X TKRO SMKN 11 Malang. 3) Untuk mengetahui respon murid kelas X TKRO SMKN 11 Malang terhadap alat pembelajaran android mendasar adobe flash pada pelajaran mengartikan Cara Kerja Engine dua dan empat tak. Metode yang digunakan pada penelitan ini adalah metode pengembangan ADDIE yakni: (1) Analisys, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam riset dan peningkatan ini berbentuk angket yang di Konfirmasi oleh ahli alat, ahli materi, dan respon dari murid. Hasil riset menunjukkan bahwa alat pembelajaran yang telah dikembangkan berlandaskan skor ahli alat meperoleh prosentase 94,6% yang dengan kategori sangat layak, data dari hasil skor ahli memperoleh prosentase 92,4% yang dengan sangat layak, serta hasil uji skala kecil memperoleh prosentase total 89,8%.

Keywords


Alat Pembelajaran, Android, Adobe Flash, Kelayakan

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2019 . Cara Kerja Mesin 2 Tak dan 4 Tak. (Online), (https://www.teknikotomotif.co.id/cara-kerja-mesin-2-tak-dan-4-tak/), diakses 5 Agustus 2019

Arif Fredyana, Cahya. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Android pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif untuk Kelas X SMK Negeri 3 Buduran-Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik: Universitas Negeri Surabaya.

Arifianto, Teguh. 2011. Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT. Yogyakarta: Andi Publisher.

Hermawan S, Stephanus. 2011.Mudah Membuat Aplikasi Android.Yogyakarta : Andi Offset.

Kemp, J. E. dan Dayton, D. K. 1985. Plannung and Producing Instrucional Media. New York.: Happer and Row Publisher.

Lalatul, Tohiroh. 2013. Penggunaan Android untuk Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Alfabeta.

Sudjana, Nana., Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Aflabeta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dna Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p25-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats