PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERAWATAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN INJEKSI DI SMKN 11 KOTA MALANG

Muhamad Irfan Rofi’i, Syarif Suhartadi, Partono Partono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mata pelajaran pmkr pada kompetensi perawatan sistem bahan bakar bensin injeksi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah desain control group posttest. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN 11 Malang semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Metode pengambilan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kajian penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi perawatan sistem bahan bakar bensin injeksi kelas XI teknik kendaraan ringan SMKN 11 Kota Malang dengan nilai regresi sederhana 0,00 > 0,05.

Keywords


pengaruh, problem based learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Pandu.

Fitrianto Dwi ferry. 2013. Pengaruh Pemberian Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Yang Diterapkan Melalui Tugas Individu dan Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kerja Las Kelas X TPMI Di SMK 1 Singosari. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto . 2002. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung : Remaja Karya

Rahmawati & Lufianti. 2011. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Gigi Dengan Metode Ceramah Dan Demonstrasi Terhadap Perubahan Teknik Sikat Gigi Di SDN 05 Godong. Grobogan.

Rubiyo. 2011. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Pada Sub Kompetensi Perbaikan/Servis Sistem Kopling Di Smk Ma’arif 1 Nanggulan. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sarwono, J. 2011. Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif Dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v5i22021p37-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats