PERBEDAAN HASIL BELAJAR PERAWATAN SISTEM REM ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM DI SMKN 1 KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Bastian Dwi Laksono, Syarif Suhartadi, Paryono Paryono

Abstract


Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan hasil belajar perawatan sistem rem dengan pembelajaran memanfaatkan Zoom Meeting dan Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment dengan XI TKRO 1 berjumlah 34 sebagai eksperiment XI TKRO 4 berjumlah 35 untuk kontrol di SMKN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Pengumpulan data digunakan metode post test dan analisis data digunakan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui: (1) terdapat perbedaan perbedaan hasil belajar perawatan sistem rem antara siswa yang diajar dengan menggunakan zoom meeting dan google classroom di SMKN 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Dimana perolehan nilai post test siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi zoom meeting memperoleh rata-rata nilai 84,70 dan siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Google Classroom memperoleh nilai 76,85 Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji independent sampel t-test diperoleh nilai (sig) < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian menunjukan bahwa Ho ditolak, atau ada perbedaan perbedaan hasil belajar perawatan sistem rem menggunakan zoom meeting dan google classroom.

Keywords


zoom; google classroom; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amelia, Nadia Firdaus. 2107. Pengaruh Implementasi Blended Learning dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar System Operasi Kelas X Teknik Komputer Jaringan Di SMKN 1 Kota Kediri. Skripsi: Universitas Negeri Malang

Thahir, Rahmatia. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.3 Hal 1936-1944

Nurulita, Siska Sulistyorini. Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Google Meet dan Zoom Meeting. Yogyakarta

Dedi Riyan Rizaldi, Ziadatul Fitimah. 2020. Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Pada Mata Kuliah Mekanika dan Termostatistika saat Pandemi COVID-19. Kappa Journal, Vol. 4, No. 2, hal. 228 4

Arruji, Edo. 2020. Pengaruh Media Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Gerak. Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Haqien, Danin Rahman, Aqiilah Afiifadiyah. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p23-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats