PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBTOON DAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT SISWA KELAS XI TKRO DI SMKN 6 MALANG

Eriyanto Eriyanto, Partono Partono, Imam Muda Nauri

Abstract


Pendidikan adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan diri sendiri pada aspek kepribadian manusia. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan zaman, khususnya pada aspek teknologi. Hal ini menjadikan tuntutan bagi tenaga-tenaga pendidik untuk terlatih dan terampil dalam mengajar dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Pendidikan yaitu kegiatan yang berinteraksi antara tenaga pendidik atau guru dengan peserta didik yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas mental untuk menjadikan pribadi peserta didik yang mandiri. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMKN 6 Malang didapatkan data mengenai hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI TKRO pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan data rapot hasil belajar siswa yaitu 68% siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sedangkan siswa yang telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 32% dan 71% siswa memiliki motivasi yang rendah sedangkan 29% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan memakai powerpoint yang menjadi media pembelajaran. Media pembelajaran webtoon adalah media pembelajaran yang bisa dipakai sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan menggunakan media pembelajaran powerpoint siswa kelas XI TKRO di SMKN 6 Malang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan menggunakan media powerpoint siswa kelas XI TKRO di SMKN 6 Malang.

Keywords


hasil belajar; motivasi; webtoon; powerpoint

Full Text:

PDF

References


Akbar, O. A., & Raharjo, I. 2015. Minat Belajar Siswa terhadap Media Komik Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4 (1), 750-754.

Choi, J. 2016. Awl is Piercing Me and Society: Webtoon as a Popular Adult Education Tool in South Korea. Proceedings of the 8th Asian Diaspora Adult Education Pre- conference, Charlotte, NC.

Chung, M. Y. 2017. The Humanity of the Zombie: A Case Study of a Korean Zombie Comic. The Comics Grid: Journal of Comics Scholarship, 7 (1), 6, 1-15. DOI: https://doi.org/10.16995/cg.81.

Clery, R. 2018. Webtoons, a Tool for Communicating Science in Antarctica. PCAS 220, Supervised Project Report (ANTA604), 1-23.

Figueras-Maz, M., Masanet, M. J., & Ferrés, J. 2017. Mobile Devices in Higher Education: A Pending Issue in Multidimensional Media Literacy. Catalan Journal of Communication and Cultural Studies, 9 (1), 135-144.

Jang W., & Song, J. E. 2017. Webtoon as a New Korean Wave in the Process of Glocalization. Kritika Kultura, 29, 168–187.

Jin, D. Y. 2015. Digital Convergence of Korea’s Webtoons: Transmedia Storytelling. Communication Research and Practice, 1 (3), 193-209.

Khairina, A. 2018. Pengaruh Aplikasi Line Webtoon terhadap Minat Remaja Membaca Komik Digital (Studi pada Siswa/i SMA Perintis 1 dan SMA Perintis 2 Bandar Lampung). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Lampung.

Yonkie, A., & Ujianto, A. N. 2017. Unsur-Unsur Grafis dalam Komik Web. Dimensi DKV, 2 (2), 123-134.

Yudana, D. Y. P. I. 2020. Pengembangan Media Webtoon Berbasis Reciprocal Teaching pada Kompetensi Dasar Menerapkan Cara Memilih Ban dan Pelak untuk Pemakaian Khusus serta Pengaruh terhadap Literasi Siswa di SMKN 1 Singosari. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang:FT UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p43-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats