HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PELAJARAN PRODUKTIF, HASIL PKL DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TKRO SMKN 12 MALANG

Fahad Miftahul, Agus Sholah, Partono Partono

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk meperlihatkan korelasi antara kompetensi pelajaran produktif, hasil praktik kerja lapangan (PKL) serta motivasi kerja dengan kesiapan kerja siswa secara sederhana (parsial) juga secara berganda (simultan). Penelitian ini ialah penelitian deskriptif korelasional menggunakan sampel 33 dari 130 siswa kelas XII TKRO SMKN 12 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan kuisioner sedangkan analisis data dengan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara kompetensi pelajaran produktif dengan tingkat kesiapan kerja siswa pada kategori rendah, (2) terdapat korelasi yang signifikan antara hasil PKL dengan kesiapan kerja siswa pada kategori sedang, (3) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi kerja dengan kesiapan kerja siswa pada kategori rendah, dan (4) terdapat korelasi yang signifikan secara bersamaan antara kompetensi pelajaran produktif, hasil PKL dan motivasi kerja dengan kesiapan kerja pada kategori sedang. Pengujian menggunakan analisis korelasi produk momen dengan jenis uji korelasi tunggal dan uji korelasi berganda. Dengan demikian hasil yang diperoleh dari penelitian ini memperlihatkan bahwa hipotesis yang digunakan bisa dikatakan benar/terbukti.

Keywords


kompetensi; PKL; motivasi; kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References


Citra Eliyani, H. Y. (2016). Determinasi Kompetensi Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XII Keterampilan Akuntansi di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 26.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud. Dian Arini. (2011).

Murtaziqotul Khoiroh, S. D. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja , Praktik Industri, Dominasi Soft Skill, dan Berita Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1018

Kharel, A. (2015). Rancang Bangun Mesin Pencacah Sampah Organik. Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Nindya Purnama, N. S. (2019). Pengaruh Prakerin, Bimbingan Karir dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 357.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta (Perwitasari, 2013): Bumi Aksara.

Yudiana Pratama, D. R. (2018). Hubungan Antara Praktik Industri Dengan Kesiapan Kerja Siswa SMKN 1 Cibinong Kelas XII Keterampilan Teknik Gambar Bangunan. Journal Of Civil Engineering Education, 7

Nurcahyo, Y. E., & Ellianto, M. S. D. (2018). Rancang Bangun Mesin Roll Bending Portable. Teknika: Engineering and Sains Journal.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats