PERBEDAAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION SISWA KELAS XI TKRO SMKN 6 MALANG

Agung Pambudi, Amat Nyoto, Partono Partono

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan merpakan sarana yang disiapkan untuk peserta didik dalam menuju lingkungan pekerjaan yang profesional sesuai dengan bidang keahliannya. Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut maka pembelajaran yang berkualitas dibutuhkan guna meningkatkan kemampuan siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK N 6 Malang bahwasanya siswa kurang berkompeten dalam memahami materi sistem rem konvesional serta kurangnya tingkat berfikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write secara daring sebagai eksperimen dan Student Team Achievement Division secara daring sebagai kontrol. Rancangan peneliitian ini menggunakan model posstest control group design only. Pengujian data dalam penelitian ini digunakan uji T (2-tailed) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menggunakan uji T pada hasil belajar siswa di dapatkan nilai Sig. (2-Taiiled) 0,010 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan data hasil belajar yaitu nilai posttest antara kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas control. Sementara pada kemampuan berfikir kritis didapatkan nilai Sig. (2-Tailed) 0,010 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan data kemampuan berfikir kritis yaitu nilai posttest antara kelas eksperimen dengan kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol.

Keywords


kooperatif; TTW; STAD; berfikir kritis

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cipta Media.

Arikunto, Suharsim. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bailin, S., Case, R., Coombs, J. R., & Daniels, L. 1999. Conceptualizing Critical Thinking. Journal of Curriculum Studies. 1:3.

Dwi, Agustina B. 2016. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) dan Pendekatan Realistic Mathematic Educations (RME) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pada Siswa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah 1:1–23.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. Vol. 1. USA: Prentice Hall, Inc.

Linda Zakiah. 2019. Berfikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Nolting, Paul D. 2012. Math Study Skills Workbook : Your Guide to Reducing Text Anxiety and Improving Study Strategies.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Cet.

Suherman, E. 2009. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Murid. Educare; Jurnal Pendidikan dan Budaya 1.

Yamin, Martinis. 2011. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p9-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats