PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) KELAS XII TKRO SMK N 1 KEDIRI

Muhammad Idris Effendi, Sumarli Sumarli, Partono Partono

Abstract


Target dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  (1) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan, (2) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah diberikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams  Achievement Division (STAD)  pada siklus ke-1, (3) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siklus ke-2 (4) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dari sebelum perlakuan, saat setelah siklus ke-1 dan setelah siklus ke-2 pada materi sistem Air Conditioning (AC) kelas XII-TKRO 1 di SMK Negeri 1 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (PTK). Hasil dan pembahasan pada penelitian ini mengarahkan pada suatu kesimpulan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan sebelum perlakuan masih tergolong rendah; (2) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan pada siklus ke-1 mengalami peningkatan dari kemampuan awal, namun belum memenuhi syarat; (3) kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan pada siklus ke-2 mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya; (4) dari sebelum perlakuan, setelah siklus ke-1 sampai siklus ke-2 kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar  siswa dalam mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan khususnya materi sistem AC mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Keywords


STAD; berpikir kritis; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Ed Rev). Jakarta: PT Bumi Aksara

Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(1), 37-53

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Irawan, F., Zubaidah, S., & Sulisetijono. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Remap STAD Terhadap Pemberdayaan Keterampilan Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Lindawati, N. P., Asriyani, R., & Anggayana, I. W. A. (2018, December). Kemampuan Menulis Karangan Dialog Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Mahasiswa Jurusan Tata Hidangan Di Akademi Komunitas Manajemen Perhotelan Indonesia. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 1, No. 1).

Mitasari, Z., & Prasetiyo, N. A. (2016). Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Komunikasi. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 11-14.

Mulyasa E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pura, S. J. I. M. T., & Utara, K. L. S. (2021). Kelebihan Dan Kekurangan Student Center Learning Dan Teacher Center Learning. Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning, 59.

Slavin E Robert. (2005). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i22022p41-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats