PENGARUH MODIFIKASI DUAL INJEKTOR DENGAN MODEL PENYEMPROTAN IDLE, MID DAN FULL LOAD TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150 CC

Moch Javier Irawan, Sumarli Sumarli, Muhammad Harly

Abstract


Pada sepeda motor banyak dilakukan inovasi agar diperoleh output yang diinginkan. Salah satu lompatan maju pengembangan, khususnya sistem injeksi bahan bakar elektronik (EFI System) adalah hal yang sesuai. Sistem EFI adalah kerangka bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik melalui ECU. Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan apakah ada dampak dari dual injektor dengan model penyemprotan idle, mid dan full load terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor honda vario 150 cc. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimental. Dengan memanfaatkan prosedur ilmiah yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji Independent Sample T-Test. Konsekuensi dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya minimum injektor standar sepeda motor Honda Vario 150 cc menghasilkan 1,6 HP pada 4000 rpm dan daya maksimal 10,3 HP pada 8000 rpm. Daya minimum modifikasi menggunakan dual injektor menghasilkan 1,6 HP pada 4000 rpm dan daya maksimum menghasilkan daya 12,8 HP pada 8000 (rpm). Sedangkan konsumsi bahan bakar minimum injektor standar menghasilkan 10 ml pada 4000 rpm dan daya maksimal 30 ml pada 8000 rpm. Konsumsi bahan bakar minimum modifikasi menggunakan dual injektor menghasilkan 10 ml pada 4000 rpm dan daya maksimum menghasilkan daya 37 ml pada 8000 rpm. Kenaikan konsumsi bahan bakar disebabkan pada modifikasi dual injector jumlah debit bahan bakar lebih besar. Berdasarkan hasil penelitian diatas dan juga sudah melalui proses analisis data, dapat disimpulan bahwa terdapat perbedaan kurang signifikan antara modifikasi dual injektor dengan model penyemprotan braking, idle, mid dan full load terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin sepeda motor Honda Vario 150 cc.

Keywords


Injektor; Daya Motor; Konsumsi Bahan Bakar

Full Text:

PDF

References


Arends, BPM & Berenschot, H. 1980. Motor Bensin. Terjemahan Umar Sukrisno Jakarta: Penerbit Erlangga.

Cahyono, A.R. 2015. Studi Perbandingan Unjuk Kerja Mesin Bensin Empat Lagkah Satu Silinder Menggunakan Bahan Bakar Bensin dan Gas LPG. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Ilham, M. 2016. Pengaruh Bahan Bakar Pertalite dan Premium Terhadap Performa Mesin Motor Yamaha Jupiter Z – CW tahun 2010. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Luthfi, M. dkk. 2018. Uji Komposisi Bahan Bakar dan Emisi Pembakaran Pertalite dan Premium. Jurnal Teknologi, 10(1), 67-72. DOI: http://dx.doi.org/10.24853/ jurtek.10.1.67-72.

Saepuloh, E.P. 2017. Pengaruh Putaran Mesin (RPM) Terhadap Laju Konsumsi Bahan Bakar pada Mobil Nissan CWM 330. Tesis tidak diterbitkan. Pontianak: Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Solikin, M. 2005. Sistem Injeksi Bahan Bakar Motor Bensin (EFI System). Yogyakarta: Kampong Ilmu.

Sutiman. 2005. Kumpulan Modul Sistem Kontrol Elektronik. Yogyakarta: FT UNY.

Wahyu. 2013. Sistem Bahan Bakar Pada Motor. Yogyakarta: Javalitera.

Wardana, R, W. 2015. Pengaruh Penambahan Avgas Pada Bahan Bakar Preium Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Yamaha Mio 115CC. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT-UM.

Yulianto, P & Muliawan, A. 2016. Pengaruh Variasi Putaran Mesin Terhadap Daya Pada Engine Cumins KTTA 38 C. Jurnal Ilmiah Pedidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 23-32. DOI: https://doi.org/10.24042/ jipfalbiruni.v5i1.102.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats