PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBASIS QUIZIZZ MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI SMK NEGERI 1 NGULING

Aldo Kurniawan, Agus Sholah, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Pendidikan tidak jauh dari peranan dan tugas seorang pendidik atau guru. Pendidik yang baik bisa meningkatkan kualitas generasi bangsa. Pada proses pembelajaran, pendidikan berpatokan pada kurikulum. Kurikulum yang diberlakukan yaitu kurikulum 2013 yang pengaplikasian model dan metode pembelajaran inovatif sangat ditujukan dalam pemahaman siswa. Seperti berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran untuk proses belajar yang tidak membosankan untuk siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kontektual (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan aplikasi berbasis online yaitu quizizz mobile. Pertanyaan yang bersifat interaktif yang dihasilkan mempunyai sampai 4 kemungkinan penyelesaian yang meliputi jawaban benar dan dapat menambahkan gambar pada latar belakang setiap pertanyaan, sehingga kita dapat menggunakannya sebagai sarana belajar yang mana dapat mengajarkan siswa untuk menganalisis, dan siswa dapat mengembangkan jiwa kompetitif di dalam kelas. Dalam proses pengujian kelayakan quizizz digunakan desain one-group pretest – posttest yang dilakukan ke dalam kelas eksperimen dan kontrol. Berlandaskan hasil penelitian diketahui adanya pengaruh dari eksperimen model pembelajaran kontektual berbasis quizizz dengan melihat perubahan terkait hasil dari proses belajar yang signifikan dan perubahan tingkah laku siswa.

Keywords


Media belajar kontektual; quizizz mobile; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Cristiyanda, G. & Sylvia, I. 2021. Pengaruh Penggunaan Webquiz Quizizz Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di SMA N 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 174–183. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola. v2i3.110.

Heriawan, A.; Darmaji, A. & Sanjaya. 2012. Metodologi Pembelajaran: Kajian Teoritis Praktis. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Maulana, A. dkk. 2010. Model Dinamika Pada Sistem Pengereman Mobil. Jakarta: Universitas Pancasila.

Mulyani, F. & Haliza, N. 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. DOI: https://doi.org/10.31004 /jpdk.v3i1.1432.

Muniati; Simarmata, M. Y. & Thamimi, M. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas Vll SMP Negeri 4 Semparuk Kabupaten Sambas. Pontianak: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116–125. Dari: http:// www.jurnalpendidikanprofesional.com/index.php/JPP/article/view/186

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57-66. DOI: https:// doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89.

Zahroh, D. A. & Yuliani. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu. v10n3.p605-616.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p31-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats