PENERAPAN DRILL METHOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN SCANTOOL PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 10 MALANG

Septa Eka Nurianto Putra, Partono Partono, Fuad Indra Kusuma

Abstract


Penelitian ini berpusat pada penggunaan metode drill untuk menaikkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) memperoleh gambaran hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 10 Malang sebelum perlakuan atau pra siklus; 2) memperoleh gambaran hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 10 Malang saat siklus 1; 3) memperoleh gambaran hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 10 Malang pada siklus 2; 4) memperoleh gambaran peningkatan hasil belajar siswa kelas XII SMK Negeri 10 Malang dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni penelitian yang dilaksanakan di ruang kelas dengan memanfaatkan tindakan-tindakan yang diperuntukkan agar mengetahui peningkatan pengajaran untuk mencapai kualitas yang lebih baik. Setiap siklus dilakukan sejumlah siklus yang tiap siklusnya direncanakan 2 kali. Hasil dari penelitian tersebut adalah kenaikan perolehan hasil belajar sejak pra siklus yang memperoleh rata-rata sejumlah 57,21, siklus 1 dengan rata-rata sejumlah 69,12 dan siklus 2 yang memperoleh rata-rata sejumlah 91,18. Kenaikan hasil belajar terlihat pada peningkatan hasil yang terdapat semenjak pra siklus, siklus 1 dan siklus 2.

Keywords


Metode drill; hasil belajar; peningkatan; rata-rata; scantool

Full Text:

PDF

References


Adilah, N. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98-103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1. 7521.

Candri, W. E. 2021. Peningkatan Kompetensi Konstruksi Balok Sederhana Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadukan Dengan Metode Drill (Studi pada Kelas X BKP 2 SMKN 1 Cibinong Tahun Pelajaran 2019/2020). Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(1), 34-39. DOI: https://doi.org/10.21009/ jpensil.v10i1.18505.

Darsya, K. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ansambel Sejenis Menggunakan Metode Drill di Kelas VIII.3 di SMP Pertiwi 2 Padang. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Kolipah, S. 2022. Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 2(1), 44-53. DOI: https://doi.org/10. 28926/jprp.v2i1.260.

Maulidah, H., & Kamal, B. 2020. Studi Komparatif Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi Pada Mata Kuliah Akuntansi Biaya. JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 140-150. DOI: https:// doi.org/10.19184/jpe.v14i1.17359.

Putri, E. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) Dengan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X Ips Sman 3 Teladan Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 99-106. Dari: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/5174.

Putri, S. A., & Suriansyah, A. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Model Take and Give, Model Savi dan Metode Drill pada Anak Usia Dini. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(1), 30-35. DOI: https://doi. org/10.20527/e-chief.v1i1.3216.

Rahmiwati. 2021. Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Al Quran Adalah Pedomanku pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Sigli Pidie Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sains Riset, 12(1), 102-108. Dari: http:// journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/571.

Salsabila, S. A. 2022. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Menentukan Pembelajaran Daring Yang Efektif. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar, T. 2022. Implementasi Penggunaan Metode Drill and Practice Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 3(1), 69-76. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i1.9926.

Sumiyati; Nurjannah & Khotimah, H. 2017. Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray Dengan Metode Ceramah. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(1), 33-44. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i1.6.

Sutarni, S. & Sapta, A. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode Drill. Jurnal Pena Edukasi, 7(1), 1-8. DOI: https://doi.org/ 10.54314/jpe.v7i1.451.

Verawati, K. 2020. Penerapan Metode Drill Dalam Matapelajaran Matematika Materi Satuan Berat. Laporan praktikum tidak diterbitkan. Cilacap: Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i12023p37-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats