PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OPEN BROADCASTER SOFTWARE (OBS) PADA MATERI SPECIAL SERVICE TOOLS SISWA KELAS X TKRO

Muhammad Agung Dewanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran video dengan menggunakan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software) yang didalamnya akan disajikan materi special service tools yang meliputi jenis-jenis dari special service tools, fungsi masing-masing alat dari special service tools, serta kelayakan dari alat-alat special service tools. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba produk dilakukan secara terbatas dengan menggunakan kelompok kecil. Pada kelompok kecil ini akan memerlukan sebanyak 15 siswa sebagai subjek dalam uji coba penelitian pengembangan. Subjek uji coba adalah siswa kelas X TKRO SMK Negeri 1 Doko. Subjek pada penelitian pengembangan ini nantinya akan bertujuan untuk memberikan timbal balik kepada peneliti berupa tanggapan dan saran atas media yang telah diproduksi. Setelah dilakukan pengambilan data atas media pembelajaran yang telah dibuat maka memperoleh persentase pada aspek tampilan sebesar 81 persen, aspek materi 81 persen, dan aspek kemanfaatan sebesar 83 persen. Kemudian rata-rata dari hasil persentase dari ketiga aspek tersebut diperoleh hasil sebesar 82 persen. Hal demikian menunjukkan bahwa penggunaan media OBS (Open Broadcaster Software) dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


media pembelajaran, OBS (Open Broadcaster Software), special service tools

Full Text:

PDF

References


Angko, N., & Mustaji. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15.

Bambaeeroo, F., & Shokrpour, N. 2017. The impact of the theacer’s non-verbal communication on success in teaching. Jurnal of Advances in Medical Education & Professionalism Based on Multiple Intelgence for Learning Strategies Class, 5(2), 51-59, Dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5346168/.

Belawati, T. 2020. Pembelajaran Online, Edisi 2. Banten: Universitas Terbuka.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116-137. DOI: http://dx.doi.org/10. 24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Daniyati, dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282-294. DOI: https://doi.org/ 10.55606/jsr.v1i1.993

Fitria, A. 2014. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 57-62. DOI: https://doi.org/10/18178/ijiet.2020.10.7.1413

Haris, F., Mukhtarsyaf, F., & Liza. 2020. Development of Motor Teaching Learning Models Based on Audio Visual for Elementary School Students in Kuranji Padang. Proceedings of the 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019), 746-749. DOI: https://doi.org/10.2991/ assehr.k.200824.166

Haryoko, S. 2012. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. 5(1), 1-10. Dari: https://www.academia.edu/download/39899592/972-3008-1-PB.pdf

Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019).Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences. 9(3), 1-13. DOI: https://doi.org/10.3390/ educsci9030196

Prabowo, A. & Heriyanto. 2013. Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal ilmu perpustakaan, 2(2), 152-161. Dari: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p75-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats