IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKRO 1 PADA MATA PELAJARAN PKKR

Erlangga Rachma Mahendra, Syarif Suhartadi, M. Ihwanudin

Abstract


Pendidikan merupakan seusatu hal yang krusial bagi tiap bangsa. Kemajuan dan keberlangsungan hidup pada sebuah bangsa dapat dilihat dari maju atau tidaknya Pendidikan dalam bangsa itu. Saat ini pendidikan di Indonesia dalam kondisi berkembang. Perkembangan ini terlihat dari perubahan kurikulum dari tahun ke tahun. Agar terciptanya pendidikan yang tepat dan berkesan untuk siswa, dibutuhkan proses belajar dengan model yang dapat membuat siswa secara langsung aktif saat kelas berlangsung. Terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan, namun perlu disesuaikan dengan permasalahan yang terjadi di lapangan. Satu model pembelajaran dimana dianggap bisa mengembangkan kemapuan berpikir dan sikap aktif siswa dalam materi konsep adalah model pembelajaran Teams games Tournament. Dengan model tersebut siswa diharuskan aktif saat proses belajar berlangsung. Dalam model pembelajaran ini, siswa akan melaksanakan pembelajaran dipadukan dengan game di dalamnya secara berkelompok. Sehingga siswa harus aktif dalam game tersebut dan mampu bekerjasama dalam kelompok. Dalam model ini diharapkan bisa merubah hasil belajar menjadi lebih baik. Data diperoleh menggunakan tes hasil belajar dengan pelaksanaan 2 siklus. Berdasarkan hasil observasi hasil pembelajaran siswa kelas XI TKRO 1 pada mata pelajaran PKKR materi menerapkan cara perawatan sistem AC kendaraan dalam siklus I diperoleh rata–rata nilai 75,94 dengan presentase tuntas sebesar 58,82 lebih besar. Dari 34 siswa terdiri dari 20 siswa diatas KKM serta 14 siswa dibawah KKM. Selanjutnya di siklus II diperoleh rata–rata nilai 84,79 mendapat presentase tuntas sebesar 100 lebih besar. Selain hasil belajar, terjadi perubahan sikap dimana siswa yang semula diam menjadi lebih antusias dalam bertanya dan berpendapat. Kemudian siswa yang awalnya tidak bersemeangat menjadi semangat dan antusias ketika pembelajaran. Dari perolehan data diatas bisa disimpulkan bahwasannya pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) bisa menaikkan hasil belajar serta perubahan sikap lebih baik bagi siswa kelas XI TKRO 1 SMKN 1 Singosari Malang tahun ajaran 2022/2023.

Keywords


model pembelajaran, Teams Games Tournament, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, M. 2016. Pengaruh Metode Partisipatori terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 61–69. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1012.

Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. 2022. Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195–218. DOI: https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098

Hasanah, Z. & Himami, A. S. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/ 10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Malik, N., & Marlina, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematika Melalui Aritmatika di TK Kartika I-61 Padang. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 22–27. DOI: https://doi.org/10. 31764/pendekar.v3i2.2800.

Prananda, G. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6(2), 122–130. DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.

Sani, Z. M.; Sudarmin & Nurhayati, S. 2015. Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Number Card untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 56–66. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v1i1.7942

Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

Setiawan, F. T.; Jayanti, S. & Mulyono. 2019. Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 444–451. Dari: https://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29030.

Suaeb, S.; Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 146–154. DOI: http://dx.doi.org/10. 17977/jptpp.v3i1.10435.

Suandika, I. K. A.; Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69–78. DOI: https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599.

Sudimahayasa, N. 2015. Penerapan Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(3), 45–53. DOI: https://doi.org/10.23887/ jppundiksha.v48i1-3.6917.

Sugiata, I. W. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78-87. DOI: https://doi.org/10.23887/ jpk.v2i2.16618.

Sulfemi, W. B. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19. DOI: https://dx.doi.org/ 10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Sulistyo, E. B., & Mediatati, N. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournaments). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 233-240. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17913.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p101-108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats