PERBEDAAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM AC MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA PROGAM KEAHLIAN TKRO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

Sumarli Sumarli, M. Ihwanudin, Arya Susman Fiani

Abstract


Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sistem AC Mobil di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang, dan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AC Mobil di SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimental kelompok kontrol pre-test-post-test. Kelas XI TKRO 1 sebagai kelas eksperimen untuk penelitian ini, dan kelas XI TKRO 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Tes dan catatan pengamatan digunakan sebagai alat pengumpulan data utama penelitian. menggunakan analisis independent sample t-test dan analisis deskriptif untuk mengkarakterisasi keaktifan dan hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yang diterapkan terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan pada mata pelajaran Sistem AC kelas XI Jurusan TKRO SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang cukup mencolok antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning.

Keywords


model project based learning, keaktifan siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Fajariyanti, K. W. K, dkk. 2022. Analisa Penerapan Project Based Learning pada Pembejalaran Tematik. Jurnal Basicedu, 6(6), 9517-9524. DOI: https://doi.org/ 10.31004/basicedu.v6i6.4121.

Marlina, L., & Solehun. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. Dari: https://unimuda.e-journal.id/ jurnalbahasaindonesia/article/view/952

Putri, I. S.; Juliiani, R. & Lestari, I. N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaraan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94. DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v6i2.6927.

Rikawati, K. & Sitinjak, D. 2020. Peningkatan Keaktiifan Belajar Siswa dengan Penggunan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40-48. DOI: https://doi.org/10.21580/ jec.2020.2.2.6059.

Rusminiati, N. N.; Karyasa, I. W. & Suardana, I. N. 2015. Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Antara yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(2), 1–11. Dari: https://ejournal-pasca.undiksha. ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1563.

Sari, R. T., & Angraini, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativiitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Sugeng, W. 2021. Implementasi Merdeka Belajar di Era New Normal Secara Daring dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK Ma’arif 2 Gombong. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan. 2(1), 412–421. Dari: https://jurnal. ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10727

Susanto, F.; dkk. 2022. Strategi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Peta Konsep Dalam Kurikulum Merdeka. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 351–363. DOI: https://doi.org/10. 36456/kanigara.v2i2.5905

Utama, K. O. D. 2019. Pengaruh Model Pemblajaran Project Based Learniing Terhadap Hasil Belajar dan Keaktiifan Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v7i22023p115-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats