UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE JIGSAW KELAS X PELAJARAN PDTO SMK WIDYA KUTOARJO

Anjar Tri Haryanto, Arif Susanto, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Pendidikan Dasar Teknik Otomotif dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas X TKR SMK Widya Kutoarjo. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X TKR SMK Widya Kutoarjo yang berjumlah 20 siswa. Aspek yang di teliti meliputi keinginan dalam meraih hasil belajar, respon terhadap keragaman dan pengembangan keterampilan dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw. Setelah data diperoleh kemudian di analisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar71,4. Kemudian untuk siklus I meningkat sebesar 3,2 menjadi 74,6. Dan pada siklus II meningkat 8,0 menjadi 82,6. Penelitian ini juga menghasilkan peningkatan nilai persentase ketuntasan belajar sebesar 65% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Dengan data tersebut dapat disimpulkan metode Jigsaw mendapat hasil yang sangat baik dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Jigsaw; Hasil Belajar; Dasar Teknik Otomotif

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,

Progresif, Dan Konteksual. dan Prenada Media, Bandung: Alfabeta.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Diunduh dari http://kbbi.web.id/ diakses pada tanggal 17 Maret 2022

Kustandi Cecep dan Darmawan Daddy.2020. Pengembangan Media Pembelajaran.

Jakarta: KENCANA

M. Ngalim Purwanto.2013. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro. 2010. Penilaian Pembelajaean Sastra Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: https://core.ac.uk/download/pdf/11062749

Rusman, 2018 Model model pembelajaran: pengembangan profesionalisme guru.

Depok: Rajawali Pers.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah dkk. 2020. Evaluasi proses dan penilaian hasil belajar.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sinar. 2018. Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Suardi, Moh dan Marwan. 2019. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offset

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: CV Budi Utama Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.

Suharsimi Arikunto. 2011. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2011. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyitno. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suyitno, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Tindakan kelas, eksperimen dan R & D (1st ed.). Bandung: ALFABETA.

Suyitno, S. (2015). Pengukuran Teknik Otomotif. Yogyakarta: K-Media.

Suyitno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Vidio Pada Motor Bakar 4 Langkah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, (April), 19–34.

Suyitno, S., Pardjono, P., & Sofyan, H. (2017). Work Based Learning Terintegrasi Konsep, strategi dan implementasi dalam pendidikan kejuruan. Yogyakarta: K-Media.

Suyitno, S., & Pardjono, P. (2018). Integrated Work-Based Learning ( I-WBL ) Model Development In Light Vehicle Engineering Competency. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 1–11.

Suyitno, S., Widianto, I., & Suryaneta, B. M. (2018). Development of Learning Media for The Course of Two-Stroke Gasoline Motors to Improve Students ’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 83–90. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.18008




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i12024p70-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats