PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR PADA MATA PELAJARAN PMKR DI SMK NEGERI 11 MALANG

Erlangga Aditama Nugraha, Syarif Suhartadi, Erwin Komara Mindarta

Abstract


Riset ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dua siklus dan melalui empat tahap di setiap siklusnya, yakni rencana tindakan, pengamatan, serta refleksi. Tujuan dari penelitian ini guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR 2 pada mata pelajaran PMKR di SMK Negeri 11 Malang dengan menerapkan model belajar flipped classroom. Subjek pada penelitian ialah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Negeri 11 Malang yang berjumlah 31 orang. Dokumentasi, observasi, dan tes sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah statistic deskriptif, yakni menghitung tingkat persentase hasil belajar. Hasil penelitian ini ditemukan bahwasanya nilai rata-rata untuk hasil belajar yang diraih siswa selama siklus I yakni 73,7 beserta persentase ketuntasan hanya sebesar 64,5%, kemudian pada siklus II terjadinya suatu peningkatan nilai rata-rata pada hasil belajar yang diraih siswa senilai 81,2 beserta persentase ketuntasan sebesar 87%. Hal ini menunjukkan bahwasanya dengan menerapkan model belajar flipped classroom, hasil belajar yang diraih siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Negeri 11 Malang dapat terjadinya suatu peningkatan.

Keywords


Flipped classroom; Hasil Belajar; PMKR

Full Text:

PDF

References


Khumairah, R.; Sudaryono, A. & Handayani, D. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 5 Kota Bengkulu, ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(2), 92-97. DOI: https://doi.org/ 10.33369/atp.v4i2.13832.

Patandean, Y. R. & Indrajit, E. R. 2021. Flipped Classroom Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mampu Berkolaborasi Dalam Pembelajaran yang Responsif. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rusnawati, M. D. 2020. Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 139-150. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1 .18238.

Sihaloho, Y. E. M.; Suana, W. & Suyatna, A.. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Clasroom Pada Materi Impuls dan Momentum, Edumatsains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(1), 55-71. DOI: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i1.376.

Sinar, 2008. Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Sinar Grafika.

Widoyoko, E. P. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p85-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats