PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR CARA PERAWATAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN INJEKSI (ELECTRIC FUEL INJECTION/EFI) KELAS XI TKRO DI SMKN 6 MALANG

Erial Mulki Ahmad, Komarudin Komarudin, Dani Irawan

Abstract


Efektivitas pendidikan dapat dinilai melalui evaluasi pencapaian pembelajaran siswa yang berasal dari pengalaman belajar mereka di dalam ruang kelas. Faktor kunci dalam menentukan keberhasilan ini adalah strategi yang digunakan oleh guru dalam menjalankan proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam partisipasi belajar akan memiliki dampak langsung pada hasil akhir pembelajaran mereka. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan concept mapping digunakan pada penelitian ini sebagai alternatif model pembelajaran yang sebelumnya menggunakan metode pembelajaran ceramah. Quasi eskperiment digunakan peneliti dengan dua kelas sampel berjumlah 62 siswa. Data hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kombinasi concept mapping diketahui dari nilai rata-rata hasil tes kelas kontrol sebesar 55,65 dan kelas eksperimen sebesar 79,35. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw dengan concept mapping bisa meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar menerapkan cara perawatan sistem electric fuel injection (EFI).

Keywords


Hasil belajar; model pembelajaran jigsaw dengan concept mapping; ceramah

Full Text:

PDF

References


Anggis, E. V. (2016). Penerapan model kooperatif Jigsaw berbasis lesson study untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dan hasil belajar kognitif. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 493–497. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5808/5194

Husniyah, H., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Munawaroh, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Poe Dengan Teknik Concept Mapping Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi. Natural Science Education Research, 2(2). https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6239

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Mutia, M., Rianda, Mufassirin, Putri Aranisa, & Serli Virmaningsih. (2023). Penggunaan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(1). https://doi.org/10.32672/perisai.v2i1.140

Putri, H., & Silalahi, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X SBIP SMK N 1 Koto XI Tarusan. Cived, 5(4), 1–7.

saifuddin, azwar. (2012). penyusunan skala psikologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p107-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats