PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR MEKANIK DENGAN PENDEKATAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) SISWA KELAS X TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 2 TULUNGAGUNG

Redi Santoso, Partono Partono, Dianna Ratnawati

Abstract


Sebelum melakukan tindakan, penelitian ini berupaya untuk memastikan (1) hasil belajar siswa. (2) setelah itu diterapkan paradigma pembelajaran Learning Starts With a Question (3) pada Siklus Satu dan Siklus Dua. Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran selalu dilakukan sebagai respon terhadap permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan hasil pembelajaran. Inti persoalan ini adalah bagaimana konten disajikan menggunakan metodologi pembelajaran yang berfokus pada guru. Dua siklus terdiri dari pendekatan penelitian untuk proyek penelitian tindakan kelas (PTK). Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur mekanik masih terbilang rendah sebelum diberikan intervensi. Hasil belajar siswa kemudian meningkat mengikuti pelaksanaan tindakan setiap siklusnya. Karena tes hasil belajar siswa mencapai dan di atas nilai ketuntasan minimal yang dipersyaratkan yaitu 80, dengan tingkat keberhasilan siswa 84%, maka penelitian dihentikan pada siklus II. Kesimpulannya, dengan menggunakan teknik pembelajaran Learning Start With a Question, hasil belajar siswa dapat dikembangkan.

Keywords


Learning Starts With a Question; Hasil belajar; Alat Ukur Mekanik

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kulsum. U & Hindarto, N. 2011. Penerapan Model Learning Cycle pada Sub Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifsn dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7(2). 128-133. DOI: https://doi.org/ 10.15294/jpfi.v7i2.1085.

Purnomo. 2020. Bahan Ajar Statistika Bagian I. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Rahmawati, F. I. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X TKJ A SMK Negeri 2 Klaten. Skripsi. UNY: Yogyakarta.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, B. 2013. Pengaruh Strategi Learning Start With a Question Terhadap Hasil Belajar Siwa Pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. No.1.

Silberman. 2009. Model Pembelajaran Learning Start with a Question

Slavin, R. E., 2005. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon.

Vebiola, Vebi. et.al. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start a Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p117-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats