PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN TKRO SMK TUREN MALANG

Adzani Jalla Syifa, Partono Partono, Eddy Rudiyanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (PRP) terhadap keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas 10 jurusan TKRO SMK Turen Malang. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain the one group pretest posttest. Subyek penelitian adalah kelas X TKRO 3 berjumlah 38 siswa yang akan diberi perlakuan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Instrumen yang dipakai untuk mengukur yaitu tes dan observasi. Kemudian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran yang diterapkan terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa, maka akan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata keaktifan sebelum diberi perlakuan 74,89% dan setelah perlakuan rata – rata 78,29%, artinya terjadi kenaikan keaktifan 3,4%. Hasil belajar pretest menunjukan rata – rata sebesar 71,58%, dan posttest 79,47%, artinya mengalami kenaikan 7,89%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap keaktifan dan hasil belajar.

Keywords


practice rehearsal pairs learning method; activeness, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2010. Media pembelajaran. Azhar Arsyad. In Ed (Vol. 1).

Banun, S. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Practice Reheasel Pairs Pada Mata Pelajaran IPA Di kelas V SD Negeri 060791 Medan Area TA. 2021/2022. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3, 46–52.

Cholik, C. A. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6). 21-30. Dari: https://jurnal.syntaxliterate. co.id/index.php/syntax-literate/ article/view/130

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif (2014th ed.). Media Persada.

Kurniawati, D., Afifah, N., & Fauzan, A. 2022. Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Shalat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Bagi Peserta Didik Kelas III MI Tarbiyatul Athfal Wedung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 29–35. DOI: https://doi.org/10.61290 /pgsd.v9i1.38

Maryatun. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. 10(9).

Prihatin, I. U. 2020. Indeks Prestasi Siswa Indonesia Menurun, Jokowi: Karena Banyak Bolos - News Liputan6.com. (online) Dari: https://www. liputan6.com/news/read/4218470/indeks-prestasi-siswa-indonesia-menurun-jokowi-karena-banyak-bolos

Putri, A. E., Edidas, & Dewi, I. P. 2018. Pengaruh Model Active Learning Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa X TKJ Dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital di Smk Negeri 3 Pariaman. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(1). 23-32. DOI: https://doi.org/10.24036/ voteteknika.v6i1.10413

Revina, S. 2019. Indonesian students’ scores in the PISA global assessment dropped, teacher quality and quality disparity are the main causes | PROGRAM RISE DI INDONESIA. (online) Dari: https://rise.smeru.or.id/en /blog/indonesian-students’-scores-pisa-global-assessment-dropped-teacher-quality-and-quality

Utomo, A. B., Wijayanto, D. S., & Basori. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Kelas XI TMB SMK Bhinneka Karya Surakarta. NOZEL Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1). 14-22. DOI: https://doi.org/10. 20961/nozel.v1i1.28476




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p127-134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats