IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKRO 2 DI SMK TUREN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R. Q. B. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jember Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Dodi, I. 2019. Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. Dari: https://jurnaldidaktika.org /contents/article/view/73
Emputri, Y., Ambiyar, & Arwizet, K. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Gambar Teknik SIswa SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14. DOI: https://doi.org/10.24036/ vomek.v1i1.17
Heri, T. 2019. Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), 59–79. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v15i1. 1369
Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. 2021. Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 541–551. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203
Martinesya, S. 2020. Tinjauan Yuridis Terhadap Hak Atas Pendidikan Dikaitkan dengan Syarat Masuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, 7(1), 113–129. Dari: https://stih-painan.ac.id/jurnal/.
Muhammaditya, N. P., & Hardjosoekarto, S. 2021. Divergensi Transformasi Digital Pengelolaan Bank Soal Menghadapi Era Masyarakat 5.0. Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 54–77.
Rizkiah, P. 2020. Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh (Vol. 2507, Issue February). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Romdoni, E. A., & Ratnawati, D. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif di SMK PIRI Sleman. Journal of Education Action Research, 3(1)
Sukmantoro, B. 2023. Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO di SMK Negeri 6 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sulala, A., & Mardi, F. 2022. Teams Games Tournament Learning Model; Efforts in Improving Students’ Way of Thinking. EDUCARE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 143–156. Dari: https://journal.literasantri .com/index.php/ejip/article/view/35
Sulfemi, W. B. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. DOI: https://doi.org/10.26737/ jpipsi.v4i1.1204
Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23. DOI: https:// doi.org/10.33365/jm.v2i1.480
Wijaya, I. M. S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli SMK Negeri 4 Negara. 20(July), 1–23.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p153-162
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran
ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.