IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF KELAS X TKRO 2 DI SMK TUREN

Fafaylul Abdillah Husairi, Hasan Ismail, Andika Bagus Nur Rahma Putra

Abstract


Meningkatkan hasil belajar serta tingkat keaktifan siswa kelas X di SMK TKRO 2 Turen adalah tujuan dari proyek penelitian ini. Tahap planning, action, observation, dan reflection merupakan bagian dari penelitian tindakan kelas yang diselenggarakan dalam kurun periode dua siklus dalam penelitian ini. Telaah data memanfaatkan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan lembar observasi dan post test. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa pengaplikasian model pembelajaran kooperatif dengan metode NHT bisa memicu naiknya keterlibatan siswa dan hasil belajar. Model pembelajaran kooperatif melalui pengaplikasian metode NHT diterapkan dengan siswa dibentuk menjadi sejumlah kelompok, kemudian siswa diberi nomor. Lalu saat presentasi nomor siswa tersebut dipanggil untuk menentukan siswa yang melakukan presentasi, dan juga pada saat sesi tanya jawab siswa yang mejawab pertanyaan yang diajukan ditentukan dengan memanggil nomor siswa pada anggota kelompok yang presentasi. Sebelum dilakukan tindakan, keaktifan belajar siswa sebesar 47,74%, meningkat di siklus I 59,07%, sementara siklus II 69,28%. Hasil belajar kognitif siswa sebesar 41,67%, setelah diterapkan tindakan di siklus I naik sebear 58,06%, serta siklus II naik sebesar 82,85%. Dengan hasil ini, implementasi model pembelajaran kooperatif dengan metode NHT diharapkan akan berfungsi sebagai tolak ukur untuk metode pembelajaran mutakhir lainnya guna memicu naiknya keterlibatan siswa dan hasil pembelajaran.

Keywords


keaktifan belajar; hasil belajar; model pembelajaran kooperatif metode NHT

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. Q. B. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jember Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Dodi, I. 2019. Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. Dari: https://jurnaldidaktika.org /contents/article/view/73

Emputri, Y., Ambiyar, & Arwizet, K. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Gambar Teknik SIswa SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14. DOI: https://doi.org/10.24036/ vomek.v1i1.17

Heri, T. 2019. Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), 59–79. DOI: https://doi.org/10.31000/rf.v15i1. 1369

Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. 2021. Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 541–551. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203

Martinesya, S. 2020. Tinjauan Yuridis Terhadap Hak Atas Pendidikan Dikaitkan dengan Syarat Masuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, 7(1), 113–129. Dari: https://stih-painan.ac.id/jurnal/.

Muhammaditya, N. P., & Hardjosoekarto, S. 2021. Divergensi Transformasi Digital Pengelolaan Bank Soal Menghadapi Era Masyarakat 5.0. Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 54–77.

Rizkiah, P. 2020. Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 7 Banda Aceh (Vol. 2507, Issue February). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Romdoni, E. A., & Ratnawati, D. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif di SMK PIRI Sleman. Journal of Education Action Research, 3(1)

Sukmantoro, B. 2023. Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO di SMK Negeri 6 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sulala, A., & Mardi, F. 2022. Teams Games Tournament Learning Model; Efforts in Improving Students’ Way of Thinking. EDUCARE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 143–156. Dari: https://journal.literasantri .com/index.php/ejip/article/view/35

Sulfemi, W. B. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. DOI: https://doi.org/10.26737/ jpipsi.v4i1.1204

Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23. DOI: https:// doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Wijaya, I. M. S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli SMK Negeri 4 Negara. 20(July), 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p153-162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats