PENGARUH CELAH ELEKTRODA BUSI TERHADAP LAJU ALIRAN BAHAN BAKAR PADA MESIN BENSIN 1500CC

Anggara Sukma Ardiyanta, Riza Dwi Ahmadi, Mahfudi Sahly Subandi

Abstract


Celah busi diperlukan untuk membuat busi dapat berfungsi dengan baik. Mesin bensin memerlukan busi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Bahan bakar mengalir dari karburator menuju ruang bakar karena hisapan piston. Jumlah bahan bakar yang mengalir ini disebut dengan aliran bahan bakar. Tujuan penelitian ini untuk mengtetahui ada atau tidaknya pengaruh celah busi terhadap aliran bahan bakar. Metode penelitian menggunakan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan celah busi terhadap aliran bahan bakar. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi hasil penelitian, seperti temperature mesin, stabilitas RPM, dan konfigurasi karburator.

Keywords


celah busi; aliran bahan bakar; mesin bensin

Full Text:

PDF

References


Antono, A. D., Setiyawan, K., Nugroho, A., & Binyamin. 2024. Analisa Pengaruh Variasi Celah Elektroda Busi terhadap Performa pada Sepeda Motor Mesin 4 Langkah. Jurnal National Multidisciplinary Sciences, 3(1), 134–141. Dari: http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/524.

Ardiyanta, A. S. 2023. Penggunaan Filter Udara Berbahan katun untuk Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar pada Mesin 1500cc. Dinamika Teknik Mesin, 2(13), 131–136. DOI: https:// doi.org/10.29303/dtm.v13i2.689

Ardiyanta, A. S. & Subastion, A. J. 2021. Pengaturan Celah Elektroda Busi Platinum dan Jenis Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin 110cc. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(1), 175–181. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v6i1.568

Mafruddin, Irawan, D., Pratama, E. D. & Pratama, R. Y. 2021. Pengaruh Laju Aliran Biogas dan Waktu Penyalaan terhadap Kinerja Motor Bakar Menggunakan Sistem Dual Fuel Pertamax-Biogas. TURBO Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 10(2). 295–303. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/trb.v10i2.1770

Pratama, B. W. M., Putra, W. T., & Mulyadi, M. 2020. Pengaruh diameter main jet terhadap emisi gas buang dengan variasi rpm pada sepeda motor honda supra x 125cc. Jurnal Komputek, 4(1), 20–26. DOI: https://doi.org/10.24269/jkt. v4i1.341

Pratama, T. A., Rijanto, A., & Dyah, A. I. 2022. Pengaruh Ukuran Karburator terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Megapro 2005. Jurnal Majamecha, 4(2), 77–86. DOI: https://doi.org/10.36815/ majamecha.v4i2.1319

Subekti, R. A. 2016. Pengaruh Laju Aliran Bahan Bakar CNG pada Performa Mesin Kendaraan Bermotor. Jurnal Teknologi Bahan dan Barang Teknik, 6(2), 65–74. DOI: http://dx.doi.org/10. 37209/jtbbt.v6i2.71

Yuswanda, I., Putra, W. T., & Winangun, K. 2019. Analisa Kevakuman dan perbedaan MAP sensor pada perubahan RPM terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada mobil toyota kijang efi 2000. Jurnal Komputek, 3(1), 33–45. DOI: https://doi.org/10.24269/ jkt.v3i1.251




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um074v8i22024p171-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan & Pengajaran

ISSN: 0613-9324 | E-ISSN: 2613-9316
Contact
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Homepagehttp://journal2.um.ac.id/index.php/jto/index
Telepon: 0341-565307

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats