STUDI TENTANG PERBEDAAN HASIL BELAJAR CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN TEAM GAMES TOURNAMENT DAN CERAMAH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KEDIRI

Moch. Buchori Hasyim, Syarif Suhartadi, Partono Partono

Abstract


Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran di SMK Negeri 1 Kediri diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran, bahwa dalam proses pem-belajaran guru cenderung lebih aktif dan siswa pasif. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut seorang guru diharapkan mampu menerapkan berbagai metode pem-belajaran yang merangsang siswa untuk turut aktif dalam proses pembelajaran. salah satu metode pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif adalah Team Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Team Games Tournament, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Ceramah dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Team Games Tournament dan metode Ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest and posttest group dengan dua kelompok subyek penelitian yang memiliki kemampuan sama (homogen), diajar oleh guru dan metode yang sama. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Kediri. Sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TKR 1 yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Ceramah dan XI TKR 2 yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Team Games Tournament. Penilaian kemampuan akhir siswa menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Analisa data yang digunakan adalah Independent sampel t-test. Sebelum dilakukan uji beda dengan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80,00. Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 73,83. Hasil uji t menunjukkan bahwa (Sig) < 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan p < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar melalui metode pembelajaran Team Games Tournament dan melalui metode pembelajaran Ceramah pada mata pelajaran Chasis dan Pemindah Tenaga kelas XI SMKN 1 Kediri. Dari deskripsi umum hasil penelitian, pengujian hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Team Games Tournamen dan siswa yang diajar menggunakan metode Pembelajaran Ceramah pada siswa kelas XI SMKN 1 Kediri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.