PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X SMK

Aulia Radif, Purnomo Purnomo, Siswanto Siswanto

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif, (2) perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran inkuiri CPS, dan kelas kontrol, dan (3) perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran inkuiri, CPS dan kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment design) dengan rancangan pre test-post test non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X teknik permesinan, sampel penelitian adalah kelas X TPMI 1 dan X TPMI 2. Terdapat dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas ekperimen terdiri dari kelas Inkuiri dan kelas CPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif , terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif model Inkuiri, CPS dan kelas kontrol, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kreatif model Inkuiri, CPS dan kelas kontrol.
Kata Kunci: Inkuiri, Creative Problem Solving, hasil belajar kognitif, kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.