Mobile-Based Learning Media Using Open Ended Learning Approaches to Increasing Students' Interest in Basic Programming Subjects of Vocational Schools
Abstract
Full Text:
PDFReferences
B. K. Williams, S. C. Sawyer, and S. E. Hutchinson, Using information technology: A practical introduction to computers & communications. ERIC, 1999.
B. Warsita, “Teori belajar Robert M. Gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar,” J. Teknodik, pp. 064–078, Aug. 2018, doi: 10.32550/teknodik.v12i1.421.
G. Kadarisma, “Penerapan pendekatan open-ended dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMP,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 77–81, 2018.
A. Widodo and Y. Wiyatmo, “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Jetis Pada Materi Pokok Keseimbangan Benda Tegar,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, pp. 147–154, 2017.
A. Sudianto and L. M. Samsu, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 53–60, 2019.
C. Talakua and S. S. Elly, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi: Effect of the used of Biology Learning Media Based on Mobile Learning on Learning Interest and Creative Thinking A,” Biodik, vol. 6, no. 1, pp. 46–57, 2020.
D. Stanford, “School, An Introduction to Design Thinking Process Guide.” CA: Institute of Design at Stanford, 2010.
N. Siti, “Perancangan Penilaian Kinerja Pegawai Berbasis Web dengan Metode Rating Scale,” J. Rekayasa Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2020.
S. D. Akbar and H. Sriwiyana, “Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial,” Yogyakarta: Cipta Media, 2011.
A. A. Cholid, H. Elmunsyah, and S. Patmanthara, “Pengembangan model web based learning pada mata pelajaran jaringan dasar paket keahlian tkj pada smkn se-kota malang,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 1, no. 5, pp. 961–970, 2016, doi: doi.org/10.17977/jp.v1i5.6333.
S. Sungkono, “Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran,” Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 8, no. 2, 2012.
M. Muftizar, H. Ahmadian, and B. A. Majid, “Perancangan Media Interaktif Logika Pemograman Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Pada SMK Negeri 1 Masjid Raya,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 4, no. 1, p. 61, Mar. 2020, doi: 10.22373/crc.v4i1.6307.
H. Elmunsyah, H. Suswanto, M. A. Hakiki, W. N. Hidayat, and K. Asfani, “Development of Mobile Learning Applications with Augmented Reality to Build VHS Students’ Critical Thinking,” in 2022 Fifth International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering (ICVEE), 2022, pp. 190–195.
T. Tafonao, “Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, Aug. 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
W. N. Hidayat et al., “Interactive Learning Media for English Subjects Using AR-Based Mobile Applications,” in 2021 International Conference on Computer Science and Engineering (IC2SE), Nov. 2021, pp. 1–6. doi: 10.1109/IC2SE52832.2021.9791978.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um010v5i22022p44-50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Letters in Information Technology Education (LITE) |