Pengaruh Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Keterampilan Mengembangkan Alat Permainan Edukatif (APE) dari Bahan Bekas

Evania Yafie, Usep Kustiawan, Wuri Astuti, Yudha Alfian Haqqi, Donna Boedi, Baiq Shofa Ilhami

Abstract


Based on Permendikbud No. 137 concerning National Standards for Early Childhood Education, early childhood educators are professionals in charge of planning, implementing learning, and assessing learning outcomes, as well as providing guidance, training, care and protection. Therefore, to support the learning process in teaching and learning activities, it is necessary for the creativity of teachers to develop, plan and implement their use in the use of teaching media such as Educational Game Tools, better known as APE. Based on initial observations, the phenomenon that occurs in the early childhood education environment  is found to be low in the use of Educational Game Tools  and teacher creativity in the learning process. The fact that exists in the field is what makes researchers carry out programs that can improve the quality of teachers in East Lombok through learning development training. This training for professional educators or teachers is a technique for planning teaching as well as a way to increase effective and efficient learning. The learning development training carried out was "Training on Making Learning Media to Improve Skills in Developing Educational Game Tools from Used Materials in Selong City, East Lombok". Based on the discussion of the research results in accordance with the formulation of the problem and the expected objectives in the research, it is concluded that training in making learning media can significantly improve skills in developing educational game tools from former kindergarten and elementary school teachers in Selong City, East Lombok.


Berdasarkan Permendikbud Nomor 137 tentang Standar Nasional PAUD, pendidik anak usia dini merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan dan perlindungan. Oleh sebab itu untuk menunjang proses belajar dalam kegiatan belajar mengajar maka diperlukan kreativitas guru mengembangkan, merencanakan dan menerapkan pemanfaatannya dalam penggunaan media ajar seperti Alat Permainan Edukatif yang lebih dikenal dengan APE. Berdasarkan observasi awal, fenomena yang terjadi di lingkungan pendidikan anak usia dini (PAUD) banyak ditemukan bahwa rendahnya pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran. Kenyaatan yang ada di lapangan tersebutlah yang membuat peneliti melaksanakan program yang dapat meningkatkan kualitas guru di Lombok Timur melalui pelatihan pengembangan pembelajaran. Pelatihan untuk tenaga pendidik atau guru profesional ini merupakan teknik merencanakan pengajaran serta cara untuk meningkat pembelajaran yang efektif dan efisien. Pelatihan pengembangan pembelajaran yang dilakukan yaitu “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatakan Keterampilan Mengembangkan Alat Permainan Edukatif dari Bahan Bekas di Kota Selong Lombok Timur”. Berdasarkan diskusi hasil penelitian sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan yang diharapkan dalam penelitian, maka dirumuskan kesimpulan bahwa pelatihan pembuatan media pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan mengembangkan alat permainan edukatif (APE) dari bahan bekas guru TK dan SD kelas awal di Kota Selong Lombok Timur dengan signifikan.


Keywords


Instructional Media; Kindergarten Teacher Skills; Early Elementary School Teacher Skills; Educational Game Tool; Used Material Media Media; Media Pembelajaran; Keterampilan Guru TK; Keterampilan Guru SD Awal; Alat Permainan Edukatif; Media Bahan Bekas

Full Text:

PDF

References


Afifah. (2017). Peran Guru dalam Memilih Alat Permainan Edukatif untuk Menumbuhkembangkan Potensi Anak Usia Dini Di RA Muawanatul Falah Ngetuk KecamatanGunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Kudus.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Desyanty, E. S., Wahyuni, S., Astutik, W., & Rahma, R. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif ( APE ) Berbahan Limbah Rumah Tangga. 3(1), 32–39.

Dewi, N. K. (2019). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Barang Bekas Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Akhlakul Karimah Kotabumi Lampung Utara. UIN Raden Intan Lampung.

Hardiyanti, W. E., Ilham, M., & Ekadayanti, W. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar “ Powtoon ” Bagi Guru Paud. 3(2), 78–86.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: FIP UM.

Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja.

Nursalam. (2005). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Prestiadi, D. (2020). Effectiveness of e-learning implementation as a distance learning strategy during coronavirus disease ( covid-19 ) pandemic. (5), 47–53.

Prestiadi, D., Maisyaroh, Arifin, I., & Bhayangkara, A. N. (2020). Meta-Analysis of Online Learning Implementation in Learning Effectiveness. Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 109–114. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276557

Prestiadi, D., Maisyaroh, Zulkarnain, W., Nurabadi, A., Arifin, I., Jafar, R. H. A., & Lutfi, M. Z. (2020). The Effectiveness of Online Learning at SIPEJAR Using Video-Based Learning Media. 508(Icite), 535–540. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.291

Sadiman, A. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semiawan, C. R. (2019). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT. Indeks.

Suraya, F. P., & Susilo, B. E. (2020). Penerapan Media Wayang Bungkus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar /. 3(2), 87–94.

Wulandari, R. T., Astuti, W., Tegariyani, S., & Santoso, P. (2019). Pelatihan pengembangan perangkat. 2(3), 170–176.

Zain, S. dan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaman, B. (2007). Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i2p124-135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats