Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Negeri

Ahmad Yusuf Sobri, Juharyanto Juharyanto, Dedi Prestiadi, Achmad Miftachul 'Ilmi

Abstract


This service aims to develop the professionalism of elementary school teachers through training and mentoring in scientific writing. The activity was carried out in the KKG Gugus 7, Blimbing District, Malang City, involving 48 teachers as participants. The implementation method was carried out in stages of preparation, socialization, implementation, and evaluation. The results of this service activity were that 25 teachers were able to submit scientific articles to Sinta-indexed national journals and 10 teachers chose to submit their scientific articles to non-Sinta indexed national journals. In addition, there were still 13 teachers who needed revisions to their scientific papers in order to be eligible for submission to Sinta-indexed national journals. Based on the results of the activity, it can be concluded that training and mentoring in scientific writing can be an effective strategy in developing the professionalism of elementary school teachers. Therefore, it is recommended that similar activities be carried out regularly to support the development of teacher professionalism in the field of scientific writing.

 

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan profesionalisme guru SD melalui pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah. Kegiatan dilaksanakan pada KKG Gugus 7 Kecamatan Blimbing Kota Malang dengan melibatkan 48 guru sebagai peserta. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tahapan persiapan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah sebanyak 25 guru yang berhasil melakukan submit artikel ilmiah pada jurnal nasional terindeks Sinta dan 10 guru memilih untuk submit artikel ilmiahnya pada jurnal nasional tidak terindeks. Selain itu, masih terdapat 13 guru yang memerlukan revisi pada karya ilmiahnya agar layak untuk disubmit pada jurnal nasional terindeks. Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan penulisan karya ilmiah dapat menjadi salah satu strategi efektif dalam mengembangkan profesionalisme guru SD. Oleh karena itu, direkomendasikan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin dan terus menerus untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru dalam bidang penulisan karya ilmiah.


Keywords


Developing professionalism; training and mentoring; scientific writing; Pengembangan profesionalisme; pelatihan dan pendampingan; karya tulis ilmiah

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. N., Rista, N., Iskandar, R., & Widiyastuti, A. (2022). Seminar dan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah Remaja pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jakarta Timur. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 133–140.

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59–65.

Aulia, R., Hidayat, Y., & Hadiat, H. (2021). Implementasi Managerial Skill Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 651–665.

Birokrasi, M. N. P. A. N. dan R. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/-132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009

Fachrudin, A. D., Kusumawati, I. B., Nuriyatin, S., Agustina, E. N. S., Widadah, S., & Andjariani, E. W. (2022). Penulisan dan Penerbitan Buku Ajar: Minat dan Respons Guru. JURNAL PADI (Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia), 5(2), 76–80.

Hamroyev, R. A., Qoldoshev, A. R., & Hasanova, A. M. (2021). Methods of teaching 1st grade students to use writing tools effektively. Asian Journal of Multidimensional Research (AJMR), 10(1), 168–174.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Fungsional Guru dan Angka membuat Karya Tulis Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Kuris, F. S., Mustar, S., & Nurjannah, N. (2022). Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 60 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Marto, H. (2019). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah Sebagai Pengembangan Kompetensi Profesional Di Kabupaten Tolitoli. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84–89.

Mukhlis, A. M. A., Dewi, A. C., & Abdal, N. M. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah sebagai Implementasi Pengembangan Kompetensi Profesi Guru. Seminar Pengabdian Kepada Madrasah.

Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru pada MTsN 1 Serang melalui Peningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87–96.

Nafi’ah, S. (2022). Workshop Publikasi Artikel Jurnal untuk Menunjang Profesionalisme Guru Kelas Di SD Negeri 3 Demuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 51–57.

Ngabiyanto, N., Pramono, D., Saputro, I. H., & Lestari, E. Y. (2021). Pelatihan Optimalisasi Model Pembelajaran Student Centered Learning melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guna Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri Branjang. Jurnal Implementasi, 1(1), 16–21.

Oktaviani, L., Aminatun, D., & Ahmad, I. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru SDN 4 Mesuji Timur Melalui Program T2KT. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(2), 333–345.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92–106.

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76–82.

Rosida, R. (2022). Strategi guru mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 01 KH Shiddiq Jember. UIN KH Achmad Siddiq JEMBER.

Samhati, S., Fuad, M., & Prayogi, R. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi Bagi Guru SMA Di Bandar Lampung. Griya Cendikia, 6(2), 390–398.

Sancar, R., Atal, D., & Deryakulu, D. (2021). A new framework for teachers’ professional development. Teaching and Teacher Education, 101, 103305.

Sari, N., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1273–1282.

Setiawan, A., Mujianto, G., & Musaffak, M. (n.d.). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Di MTS Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdi, 4(2), 202–218.

Supriyanto, A. (2021). Harapan, Kenyataan dan Strategi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional. Retrieved from https://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/p13-Harapan-Kenyataan-Dan-Strategi-Peningkatan-Kemampuan-Guru-Dalam-Penulisan-Karya-Tulis-Ilmiah.pdf

Toquero, C. M. D. (2021). “Real-world:” preservice teachers’ research competence and research difficulties in action research. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(1), 126–148.

Wardoyo, D. T. W., Kautsar, A., & Fazlurrahman, H. (2020). Strategi Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah pada Guru di Kabupaten Sidoarjo. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 16–23.

Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3).

Yansyah, Y., Nadia, H., & Murtiningsih, T. (2022). Pendampingan Penulisan Artikel Best Practice bagi Musyarawah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 8–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v6i1p59-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats