Pelatihan Seni Budaya dan Prakarya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Senirupa bagi Guru SD di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Sumanto Sumanto, Sukamti Sukamti

Abstract


training of cultural arts and crafts for elementary school teachers aims to train skills: (1) make a woven paper asturo, (2) a technique to print high-ingredient sterefoam, cardboard and packaging waste stationery (to improve the quality of teaching art in elementary school. Methods training by providing individual practical guidance on weaving and high-scoring skills directly to 26 elementary school teachers.Results (1) non-physical for elementary school teachers in Ponorogo sub-district who are very interested in art-craft training, and are willing to disseminate knowledge and skills to teachers (2) individual training participants are skilled at making (a) woven planes, fish, flying birds, stars, boxes, and framed ribbons, (2) High Print works on HVS paper from Sterefoam's references, Cardboard and stationery packaging waste materials.


pelatihan seni budaya dan prakarya bagi guru SD ini bertujuan melatih keterampilan: (1) membuat anyaman dari kertas asturo, (2) teknik mencetak tinggi bahan sterefoam, kardus, dan limbah kemasan alat tulis (untuk meningkatkan kualitas pembelajaran senirupa di SD. Metode pelatihan dengan memberikan bimbingan praktek individu keterampilan menganyam dan mencetak tinggi secara langsung kepada 26 guru SD. Hasil (1) non-fisik bagi guru-guru SD di kecamatan Ponorogo sangat berminat mendapat pelatihan senirupa-prakarya, dan bersedia untuk menyebarluaskan  pengetahuan dan keterampilan kepada guru lain di tempat tugasnya. (2) peserta pelatihan secara individu terampil membuat (a) anyaman bentuk pesawat, ikan, burung terbang, bintang, kotak, dan anyaman pita bentuk pigura, (2) karya Cetak Tinggi di atas kertas HVS dari acuan Sterefoam, Kardus, dan bahan limbah kemasan alat tulis.


Keywords


Wicker-making skills; high print; fine arts; keterampilan membuat anyaman; mencetak tinggi; senirupa

Full Text:

PDF

References


Hidayah, Nur. (1988). Perilaku Bermasalah Anak Usia SD. Jurnal Sekolah Dasar

Jazuli, M. (2008). Paradikma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa Press.

Munandar, SC. Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pamadhi, Hajar, dkk. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Penerbit UT.

Saidi, Asep Iwan. (2007). Narasi Simbolik Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Yogyakarta: ISACBOOK.

Sumanto. (2014). Pendidikan Senirupa di SD. Malang: Percetakan Rosindo.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikti, Direktorat Ketenagaan.

Sumanto. (2006). Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Seni Rupa SD/MI. Jurnal Sekolah Dasa. 15(2) . Malang: PGSD FIP UM.

Sumanto. (2011). Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Malang: FIP UM.

Sumaryadi, dkk. (1992). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i2p102-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats