Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dalam Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: The purpose of this community service activity is that at the end of the activities of the teachers and principals especially in cluster 2 Blimbing District Malang City can conduct sustainable profession development activities, especially in the field of writing and publication of scientific papers. The form of activities is community education, which is implemented through seminar and workshop techniques. While the training methods used varied, among others through lectures, questions and answers, discussions, brainstorming, methods of task, practice, sharing experiences, and stabilization. Based on the results of process evaluation, it can be highlighted that 100% or as many as 25 attendees attended were active and attentive in the training. From the results of the output evaluation, it can be seen that the participants’ understanding about PKB in the form of scientific writing activities has increased. Evaluation of output is done through filling instrument understanding of writing scientific papers.
Keywords: training, scientific work, sustainable profession development
Abstrak: tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar pada akhir kegiatan para guru dan kepala sekolah khusunya di gugus 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan khususnya di bidang penulisan dan publikasi karya ilmiah. Bentuk kegiatannya adalah pendidikan masyarakat, yang dilaksanakan melalui teknik seminar dan lokakarya. Sedangkan metode pelatihan yang digunakan secara bervariasi, antara lain melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, brainstorming, metode tugas, latihan, sharing experiences, dan pemantapan. Berdasarkan hasil evaluasi proses, dapat digarisbawahi bahwa 100% atau sebanyak 25 orang peserta pelatihan yang hadir terlihat aktif dan penuh perhatian dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Dari hasil evaluasi output, dapat diketahui pemahaman peserta tentang PKB dalam bentuk kegiatan penulisan karya ilmiah mengalami peningkatan. Evaluasi output dilakukan melalui pengisian instrumen pemahaman penulisan karya ilmiah.
Kata kunci: pelatihan, karya ilmiah, pengembangan keprofesian berkelanjutan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beare, H. 2001. Creating the Future School. London: Rouutlege Falmer.
Darling, L.H. 2006. Constructing 21st Century Teacher Education. Journal of Teacher Education, 57: 300-314.
Hargeaves, A. 1997. The Four Ages of Professionalism and Professional Learning. Unicorn, 23 (2): 86-114
Hargeaves, A. & Fullan, M. 2000. Mentoring in the New Millenium. ProQuest Education Journals, 39 (1): 50-56.
Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervsi. Pengajaran. Malang: Elang Mas.
Mulford, B. 2008. The Leadership Challenge: Improving Learning in Schools. Australian Education Review. Victoria: ACER Press.
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 1), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 4), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) (Buku 5), Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kementerian Pendidikan Nasional Derektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta 2010.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (Lembaran Negera RI Tahun 2008 Nomor 194).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Kemendiknas, Jakarta 2010.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendiknas, Jakarta 2011.
Pudjawan, K. 2011. Grand Design Progrgram Pendidikan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan. BandungA: Rizqi Press.
Rugaiyah. 2012. Pengembangan Komptensi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Artikel dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.
Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Saud, U. S. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Soetopo, H. 2012. Tantangan dan Isu-Isu Pendidikan Nasional Serta Solusinya. Artikel dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan.
Sonhadji, A. 2013. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).
Surya, M. 2007. Mendidik Guru Berkualitas untuk Pendidikan Berkualitas. Makalah Disampaikan pada Orasi Ilmiah dalam Dies Natalis ke-45 Universitas PGRI Yogyakarta 12 Desember 2007.
Tilaar. H.A.R. 2010. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Unesco. 2005. Contributing to More Sustainable Future: Quality Education, Life Skill and Education for Sustainable Developmen. Paris: Division for the Promotion of Quality Education Sector 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i2p150-158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat