Penerapan Media Wayang Bungkus Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah pada Materi Bangun Ruang

Rif'an Kristiawan, Alviyatun Ni'mah, Rokhaniyah Rokhaniyah, Fitriyani Panca Suraya, Wahyu Prasojo, Bambang Eko Susilo

Abstract


This activity aims to improve students' understanding of MI Roudlotul Huda Semarang on Building Space material through the application of the Wayang Wrap (Wayang Bangun Cardboard Room) media. This activity applies the PALS (Participatory Action and Learning System) method which involves students and teachers as objects and subjects of activities. This method is divided into stages: awareness, capacitating, mentoring, and institutionalization. The results of this activity are (1) the creation of Wayang Wrap media equipped with teaching materials, student worksheets, and story scripts (2) increasing student understanding of building materials, (3) teacher understanding of the stages of making and learning using Wayang Wrap media, and (4) a cooperation agreement and the formation of a team for implementing learning, development, research and service of Wayang B Wrap media between the Mathematics Department of UNNES and MI Roudlotul Huda Semarang.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa MI Roudlotul Huda Semarang pada materi Bangun Ruang melalui penerapan media Wayang Bungkus (Wayang Bangun Ruang Kardus). Kegiatan ini menerapkan metode PALS ( Participatory Action and Learning System) yang melibatkan siswa dan guru sebagai objek dan subjek kegiatan. Metode ini terbagi meliputi tahap : penyadaran, pengkapasitasan, pendampingan, dan pelembagaan. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) terciptanya media Wayang Bungkus yang dilengkapi bahan ajar, lembar kerja siswa, dan naskah cerita (2) peningkatan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang, (3) pemahaman guru terkait tahapan pembuatan dan pembelajaran menggunakan media Wayang Bungkus, serta (4) perjanjian kerjasama dan pembentukan tim pelaksanana pembelajaran, pengembangan, penelitian, dan pengabdian media Wayang Bungkus antara Jurusan Matematika UNNES dan MI Roudlotul Huda Semarang.



Keywords


Wayang wrap media; student understanding; building space; Media wayang bungkus; pemahaman siswa; bangun ruang

Full Text:

PDF

References


Baharsyah, Moh. Nasrul, dkk.(2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Ruang melalui Delta-Net bagi Siswa Tunanetra SLBN Kota Semarang. Edu Geography, 5(2), 60-68.

Lestari, Dewi.(2013). Penerapan Teori Brunner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 129-141.

Mursalin.(2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4(2), 250-258.

Nisa, Atsani Rohmatun, Triyono, dan Joharman. (2016).Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Gumilir 04 Tahun Ajaran 2015/2106. Kalam Cendekia, 4(2.1), 191-197.

Purnama, Martini Dwi, Edy Bambang Irawan, dan Cholis Sa’dijah. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46-51. http://journal2.um.ac.id/index.php//jkpm




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i2p87-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat



View My Stats