Pemanfaatan dan Pembuatan Media Matematika dan IPA Berbasis Inovasi bagi Guru Sekolah Dasar di Kota Blitar
Abstract
The community service program in the City of Blitar aims to improve understanding of the use and making of mathematics and science media for elementary school teachers. Especially to be utilized in learning activities in mathematics and science that are based on innovation. The Target Group in this training activity is elementary school teachers in Blitar City with a total of 20 participants. The activity was carried out at the PP3 Computer Laboratory, State University of Malang in Blitar City. The method used in this training is lecture, question and answer, discussion, peer teaching and peer review. The results of community service activities produce products in the form of mathematical and natural media including bikastake media, human respiratory media, dakota media, and broken play media. Understanding of knowledge about the use of media can be seen from the results of the post test increased by 25%.
Program pengabdian masyarakat di Kota Blitar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan pemanfaatan dan pembuatan media matematika dan IPA bagi guru SD. Terutama untuk dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika dan IPA yang berbasis inovasi. Kelompok Sasaran dalam kegiatan pelatihan ini guru Sekolah Dasar di Kota Blitar dengan jumlah 20 peserta. Kegiatan dilakukan di Laboratorium Komputer PP3 Universitas Negeri Malang di Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini ceramah, tanya jawab, diskusi, peer teaching dan peer review. Hasil kegiatan pengabdian menghasilkan produk berupa media matematika dan IPA meliputi media bikastake, media pernapasan manusia, media dakota, dan media permainan pecahan. Pemahaman pengetahuan tentang pemanfaatan media terlihat dari hasil post test mengalami peningkatan sebesar 25 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Hamalik, O. (1994). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru SDN Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182-187.
http://lp2m.um.ac.id/pengabdian-2015/
http://www.jawapos.com/baca/artikel/13861/inovasi-pendidikan-wali-kota-blitar
Yuniawatika & Nuraini, N. L. S. 2017. Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Scientific Dengan Pembelajaran Karakter Terintegrasi. Abdimas Pedagogi, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i3p147-154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat